PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Layanan Perbankan Digital Maybank Raih Penghargaan Internasional

Jakarta, pmp –  Maybank Indonesia atau PT Bank Maybank Indonesia Tbk dinobatkan sebagai Best Digital Bank di ajang ‘3rd Global Retail Banking Innovation Awards 2020’ yang diselenggarakan Digital Banker, media publikasi dan riset ternama di industri perbankan yang berpusat di Singapura.

“Kami merasa terhormat atas pencapaian dan pengakuan terhadap layanan digital Maybank Indonesia yang menjadi salah satu bank terbaik di kancah global,” kata Michel Hamilton, Chief Strategy, Transformation & Digital Officer, Maybank Indonesia, saat penganugerahan secara online pada Kamis, 3 Desember 2020.

Menurutnya, pencapaian kali ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi erat dari setiap divisi internal, serta kepercayaan dari nasabah. “Tentu menjadi penyemangat untuk terus melakukan pengembangan berkelanjutan terhadap layanan digital kami,” kata Michel Hamilton.

Baca Juga :   BI Anugerahi Maybank Indonesia ‘Bank Pendukung UMKM Terbaik’

Penganugerahan penghargaan dihadiri para pelaku industri perbankan dari berbagai belahan dunia, yang memperebutkan 13 kategori penghargaan, di antaranya Technology Awards, Digital Innovation Awards, atau Best Retail Bank di Asia, Eropa serta Amerika.

Digital Banker menggunakan metodologi penilaian yang dikembangkan sendiri, di mana penentuan scoring berdasarkan data kualitatif maupun kuantitatif, dipadukan dengan penilaian atas kinerja keuangan, brand value, strategi korporasi dan leadership, proses transformasi digital, inovasi, hingga kapabilitas sumber daya dan organisasi.

Layanan digital Maybank Indonesia meliputi M2U (Maybank2U) untuk nasabah individu dan M2E untuk nasabah korporasi.

“Penggunaan layanan digital banking di masa pandemi yang membatasi mobilitas dan pergerakan masyarakat telah mengalami peningkatan aktivitas yang pesat,” kata Michel.

Baca Juga :   Maybank Fasilitasi Bio Farma Rp 2,68 Triliun Pengadaan Vaksin COVID-19

Hal itu mendorong percepatan adopsi layanan perbankan digital, sebagaimana disampaikan Bank Indonesia yang mencatat kenaikan transaksi digital atau Uang Elektronik (UE) selama pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pada April 2020, yaitu sebesar 64,48% secara tahunan, sementara volume transaksi digital tumbuh 37,35% secara tahunan.

“Maybank Indonesia menyadari pentingnya untuk terus memenuhi kebutuhan nasabah dengan memberikan inovasi solusi yang lebih cepat, lebih mudah dan lebih nyaman dalam menghadapi era normal baru. Maybank Indonesia berkomitmen terus menerapkan inovasi yang lebih baik pada layanan digital kami agar makin selaras dengan dinamika bisnis di Indonesia bahkan di pasar global,” tutup Michel.

Sampai 30 September 2020, Maybank Indonesia memiliki 362 cabang, termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia, serta satu cabang luar negeri di Mumbai, India, 22 mobil kas keliling dan 1.480 ATM termasuk 80 CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, serta terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei.

Baca Juga :   Transaksi Maybank2U Melejit 136%, Pandemi Pacu Digital Banking Indonesia

Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp 116,6 triliun dan memiliki total aset senilai Rp 177,3 triliun sampai akhir September 2020.(hps)