PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Wow

Pelajaran Mahal Bermedsos dari Striker MU Edinson Cavani

Edinson Cavani
Edinson Cavani.(premierleague.com)

Manchester, pmp – Edinson Cavani (33), striker Manchester United asal Uruguay, mengaku bisa menerima sanksi dari asosiasi sepak bola Inggris FA berupa denda Rp 1,9 miliar dan skorsing tiga laga. Hukuman diberikan akibat unggahannya di media sosial dalam bahasa Spanyol ‘gracias negrito’ atau ‘terima kasih orang negro’ yang dia tujukan kepada teman-temannya namun ditafsirkan banyak orang bernada rasialis.

“Saya minta maaf jika saya pernah menyinggung, tetapi itu tidak lebih dari ekspresi kasih sayang saya terhadap teman. Mereka yang mengenal saya tahu, bahwa saya selalu berusaha mencari kegembiraan dan persahabatan yang paling sederhana,” tulis Cavani melalui akun pribadi Twitternya pada Jumat (1/1/2021).

Baca Juga :   Perburuan Top Skor Liga Primer Masih Seru, Aubameyang Gagal Dekati Vardy

Menurut Cavani yang disanksi pada Kamis akhir tahun, kalimat ‘gracias negrito’ muncul saat dia membalas ucapan selamat dari teman-temannya setelah menjadi pahlawan kemenangan dalam laga tandang MU melawan Southampton pada pekan ke-10 Liga Inggris yang berkesudahan 2-3, Sabtu 28 November 2020, di mana dia mencetak 2 gol.

Karuan saja ucapan selamat di medsos berhamburan datang dari teman-temannya. Keesokan harinya, pada Minggu 29 November, Cavani pun membalas dengan ‘gracias negrito’, kalimat dalam bahasa Spanyol yang menjadi bahasa keseharian di Uruguay. Sebutan ‘negrito’ di negerinya, menurut Cavani, justru ungkapan kedekatan dengan teman-teman dan bukan ejekan.

Edinson Cavani
Edinson Cavani diburu pemain MU lainnya usai mencetak gol ke gawang Southampton. (premierleague.com)

Namun Cavani tampaknya lupa, bahwa kalimat unggahannya di medsos itu tak hanya dibaca teman-temannya, tapi juga jutaan orang dan para fans. Setelah itu nada kecaman pun berdatangan terhadap mantan penyerang klub elite Perancis Paris St Germain itu.

Baca Juga :   Paul Pogba Positif COVID-19, Dicoret dari Timnas Perancis

Menyadari kekeliruan, Cavani sebenarnya segera meminta maaf dan menghapus cuitannya. Namun karena terlanjur viral dan menjadi polemik, pihak FA tetap menjatuhkan sanksi, apalagi mereka saat ini sedang gencar mengampanyekan No Room for Racism.

“Saya ingin berbagi dengan anda bahwa saya menerima sanksi disiplin karena mengetahui bahwa saya asing dengan kebiasaan bahasa Inggris,” kata Cavani.

Pihak Mancehster United juga menerima hukuman yang diterima Cavani karena tergolong ringan. Cavani bakal absen saat Setan Merah melawan menjamu Aston Villa pada laga pekan ke-17 Liga Inggris, serta dua laga melawan Manchester City di Piala Liga Inggris dan Watford di Piala FA.

Kini Cavani lebih memilih berkonsentrasi mempersiapkan diri untuk menghadapi laga-laga ke depan MU yang padat. “Hati saya damai karena saya tahu bahwa saya selalu mengekspresikan diri dengan kasih sayang, sesuai budaya dan cara hidup saya,” ungkap Cavani yang tampaknya bakal tak melupakan untuk selalu berhati-hati bermedsos.(bim)

Baca Juga :   Ini 24 Pemenang AJP 2020 Tingkat Nasional, Penamerahputih.com Juara III Kemitraan

Baca juga : Akademi Nasional Bahasa Uruguay Tak Terima Cavani Disanksi FA Rp 1,9 Miliar dan Tiga Laga