PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Puncak Arus Balik Kereta Api ke Jakarta Terjadi Minggu dan Senin

KAI
KAI berlakukan ketat SOP protokol kesehatan. (Humas KAI Daop 1 Jakarta)

Jakarta, pmp – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyebut puncak arus balik penumpang kereta api kembali ke Jakarta setelah liburan Natal dan Tahun Baru terjadi hari Minggu 16 ribu orang dan Senin 15 rbu orang.

“Masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2021 di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta sudah mulai terjadi arus kedatangan penumpang KA. Hari ini dan Senin besok menjadi puncak arus balik di wilayah Daop 1 Jakarta,” kata Eko Purwanto, Kepala Daerah Operasi 1 Jakarta, melalui keterangan resmi seperti dikutip Antara, di Jakarta, Minggu (3/01/2021).

Menurut Eko, pada hari Minggu sekitar 16 ribu pengguna jasa tiba di area Daop 1 Jakarta, sementara Senin tercatat sekitar 15 ribu lebih penumpang KA jarak jauh yang yang akan tiba.

Baca Juga :   Muncul 8.854 Kasus Baru, Tambahan Harian Positif COVID-19 Indonesia Tertinggi Lagi

Kedatangan para penumpang di area Daop 1 Jakarta terjadi di Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Karawang, Stasiun Cikampek, Stasiun Bekasi dan Stasiun Jatinegara. Mereka berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Masih menurut Eko, pada puncak arus balik Minggu, terdapat 39 KA yang tiba di Daop 1 Jakarta, di antaranya 22 KA di Stasiun Pasar Senen dan 17 KA di Stasiun Gambir. Sedangkan pada Senin terdapat 37 KA, di antaranya 21 KA tiba di Stasiun Pasar Senen dan 16 KA di Stasiun Gambir.

Sepanjang masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2021 atau 18 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021, Daop 1 Jakarta secara total memberangkatkan 125.131 penumpang dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota.

Baca Juga :   Rekor Tambahan Harian Positif COVID-19, Muncul 14.518 Kasus Baru

Eko Purwanto memastikan seluruh penumpang yang berangkat dan datang ke area Daop 1 Jakarta dalam kondisi sehat, berdasarkan berkas rapid antigen dengan hasil negatif yang wajib dimiliki penumpang.

Tak hanya itu, kesehatan penumpang juga dipantau melalui pemeriksaan suhu tubuh sebelum berangkat dan disepanjang perjalanan KA secara berkala hingga tiba di stasiun akhir untuk memastikan seluruh penumpang memiliki suhu tubuh normal.

“Hal itu merupakan SOP yang wajib dilakukan untuk keseluruhan pemberangkatan KA di seluruh stasiun keberangkatan KA,” katanya.(gdn)