PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Renovasi Masjid Istiqlal Tuntas, SIG Bangga Pasok Kebutuhan Beton

Masjid Istiqlal SIG
Masjid Istiqlal telah selesai direnovasi. (Humas SIG)

Jakarta, pmp – Renovasi Masjid Istiqlal Jakarta telah selesai dilakukan dan telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis sore 7 Januari 2021. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG bangga terlibat dalam proses renovasi dengan memasok kebutuhan beton sebanyak 11.500 meter kubik.

Renovasi Masjid Istiqlal yang dilakukan sejak Mei 2019 dan berlangsung 15 bulan, merupakan renovasi pertama sejak 42 tahun dan menelan biaya sebesar Rp 511 miliar dari APBN.

“Masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua telah selesai direnovasi. Alhamdulillah,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat peresmian.

Presiden Jokowi berharap, selesainya renovasi bakal membuat Masjid Istiqlal semakin menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia.

“Renovasi Masjid Istiqlal agar menjadi semakin megah bukan untuk gagah-gagahan, bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam, tapi juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. Kebanggaan bangsa kita Indonesia,” tegasnya.

Baca Juga :   SIG Dukung Kementerian BUMN Melakukan Inisiatif Dekarbonisasi

Menurut Jokowi, setelah direnovasi Masjid Istiqlal berubah total dan tampak seperti baru kembali.

“Lanskapnya ditata ulang menjadi indah dan semakin kelihatan tertata rapi. Lantainya juga saya lihat sudah tiga kali lebih berkilau. Tata cahayanya juga diganti, sangat modern dan indah. Sungai yang membelah Istiqlal juga semakin bersih dan rapi,” tambahnya.

Masjid Istiqlal SIG
SIG bangga terlibat dalam proses renovasi Masjid Istiqlal. (Humas SIG)

SIG Bangga Terlibat Renovasi

Direktur Utama SIG Hendi Prio Santoso menyatakan bangga SIG dipercaya terlibat dalam renovasi Masjid Istiqlal.

“Tentu merupakan kebanggaan bagi SIG menjadi bagian dari renovasi pembangunan Masjid Istiqlal. Masjid yang merupakan salah satu bangunan monumental di Indonesia sekaligus masjid terbesar di Asia Tenggara,” kata Hendi Prio Santoso, di Jakarta, Senin (11/1/2021).

Baca Juga :   Kedubes Jepang Kunjungi Pengolahan Limbah Jadi Bahan Bakar di Pabrik SBI Narogong

Selama proses renovasi, SIG melalui unit usahanya PT Semen Indonesia Beton (SIB) telah memasok beton siap pakai sebanyak 11.500 meter kubik.

Ruang lingkup pekerjaan renovasi Masjud Istiqlal meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur yang memperlihatkan Masjid Istiqlal sebagai bangunan cagar budaya, mechanical electrical plumping (MEP), termasuk tata udara dan tata cahaya, pekerjaan interior, serta signage.

SIB sendiri merupakan salah satu anak perusahaan SIG yang menyediakan beton siap pakai dan beton pracetak. SIB memiliki produk beton berkualitas dengan bahan baku terbaik, serta fasilitas Batching Plant yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan keunggulan tersebut, SIG siap mendukung percepatan pembangunan yang berkualitas di Indonesia.

Baca Juga :   SIG Terima Dua Penghargaan di Ajang Top CSR Awards 2022

Menurut Hendi, SIB memiliki dua fasilitas Batching Plant di daerah Pulogadung dan Gatot Subroto untuk kebutuhan wilayah Jakarta. Kapasitas masing-masing batching plant sebesar 90 meter kubik atau 17 truck mixer/jam.

“Produk ready mix yang dipakai untuk struktural renovasi bangunan Masjid Istiqlal dipasok dari fasilitas Batching Plant terdekat dari area pembangunan, yakni dari Pulogadung Jakarta,” katanya.

Selain renovasi Masjid Istiqlal, lanjut Hendi, berbagai proyek bangunan dan infrastruktur yang dibangun menggunakan produk ready mix SIB di antaranya proyek Light Rail Transit (LRT), tol dalam kota Jakarta, Bandara Soekarno Hatta, atau jalan tol Kunciran-Cengkareng-Depok-Antasari.(hps)