PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Wow

Wonderful Indonesia Raih Best Creative Destination, Sisihkan 76 Destinasi Wisata Dunia

Wondeful Indonesia Best Creative Destination
Wonderful Indonesia sukses ciptakan sinergi antara sektor pariwisata, industri kreatif, kerajinan tangan dan masyarakat lokal. (Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Jakarta, pmp – Program Wonderful Indonesia meraih ‘Best Creative Destination’ pada ajang bergengsi Creative Tourism Awards 2020 sisihkan 76 destinasi nominator lainnya dari seluruh dunia.

“Creative Tourism Awards yang diselenggarakan oleh Creative Tourism Network bertujuan memberi penghargaan pada program dan destinasi di seluruh dunia yang menunjukkan komitmen mewujudkan pariwisata yang berbudi luhur,” kata Agustini Rahayu, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sabtu (6/2/2021).

Sementara menurut penilaian pihak Creative Tourism Network, program Wonderful Indonesia telah dijalankan dengan visi inovatif oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Pada pelaksanaannya program berkelanjutan Wonderful Indonesia berhasil menciptakan sinergi yang baik antara sektor pariwisata, industri kreatif, kerajinan tangan dan masyarakat lokal,” ujar Caroline Couret, Direktur Creative Tourism Network, melalui keterangan tertulis pada Jumat (5/2/2021).

Baca Juga :   Sandiaga Gandeng INACA Kembalikan Kepercayaan Masyarakat Pasca Musibah SJ-182

Kemenparekraf Model Tingkat Global

Masih menurut Caroline, pariwisata kreatif ditandai dengan keterlibatan aktif wisatawan dalam pencarian makna serta kegiatan artistik dan kreatif yang memungkinkan mereka menghargai keaslian budaya lokal di seluruh belahan dunia.

Termasuk menghadirkan program-program berkelanjutan yang bermanfaat bagi masyarakat, sekaligus mengoptimalkan sumber daya kreatif, serta memposisikan diri secara internasional sebagai salah satu tujuan paling menarik di seluruh dunia.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dianggap sebagai model di tingkat global dengan perubahan paradigma tersebut. Wonderful Indonesia juga telah menunjukkan ketahanannya di tahun ketika pariwisata sangat terpengaruh (tahun 2020 akibat pandemi corona),” kata Caroline.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengapresiasi penghargaan yang diterima Kemenparekraf/Baparekraf.

Baca Juga :   Sandiaga Ajak Profesional Bekerja dari Bali, 80% Masyarakat Bergantung Parekraf

Menurutnya, Wonderful Indonesia merupakan wujud dari komitmen mempromosikan berbagai destinasi bagi wisatawan domestik dan internasional.

“Kami tentu mengedepankan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, sehingga dapat memberikan pengalaman berwisata yang lebih bagi wisatawan serta memberikan dampak yang besar bagi masyarakat,” kata Sandiaga. (bim)