PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeks

SIG Ajak Peduli Lingkungan, Inisiasi Gerakan ‘Mulai Berubah dari Rumah’

Mulaiberubahdarirumah SIG
SIG ajak masyarakat peduli lingkungan melalui gerakan #MulaiBerubahDariRumah. (Humas SIG)

Jakarta, pmp – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG mengajak masyarakat peduli lingkungan dengan menginisiasi gerakan penyelamatan lingkungan bertajuk #MulaiBerubahDariRumah. Bisa diikuti semua orang dan cukup dilakukan dari rumah, mengingat pemerintah masih memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat selama pandemi.

“SIG ikut ambil peran dengan membuat gerakan tentang lingkungan, keberlanjutan dan pemberdayaan yang mungkin banyak tertunda karena pandemi. Kami ingin melibatkan komunitas dan masyarakat yang selama ini juga peduli dan cukup dimulai dari rumah,” kata Hendi Prio Santoso, Direktur Utama SIG, melalui keterangan tertulis, Senin (8/2/2021).

Menurut Hendi, perubahan yang dilakukan tak perlu berskala besar, tapi cukup dengan langkah kecil yang bisa dilakukan di rumah karena tujuannya membangun kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup dan semangat berkelanjutan.

Baca Juga :   SIG dan BRIN Kerja Sama Bidang Riset Ciptakan Produk dan Layanan Berkelanjutan

Gerakan #MulaiBerubahDariRumah yang merupakan rangkaian perayaan 8 tahun transformasi SIG, bisa diikuti seluruh lapisan masyarakat, termasuk komunitas dengan membuat foto atau video yang disertai narasi yang menunjukkan perubahan yang telah mereka lakukan sebagai bentuk peduli lingkungan.

Selanjutnya foto atau video diunggah di Instagram sesuai misi perubahan yang telah ditentukan. Sebelum mengunggah disarakan terlebih dulu mention @sig.id dan tiga akun instagram teman untuk ikut serta. Kemudian memberi tagar #MulaiBerubahDariRumah dan tagar tambahan sesuai misi yang peserta pilih pada periode 8 Februari 2021 – 7 Maret 2021.

Pada pelaksanaannya, peserta akan diberi misi mingguan terkait kepedulian terhadap lingkungan dan kesejahteraan sosial yang bisa dilihat pada akun instagram @sig.id .

Baca Juga :   SIG Cetak Laba Bersih Rp2,02 Triliun, Perkuat Posisi Pemimpin Penyedia Solusi Bahan Bangunan

Adapun foto atau video juga cerita dan narasi dari misi mingguan diharapkan bisa menjadi sarana saling menginspirasi antarpeserta.

SIG #mulaiberubahdarirumah
Bumi tak bisa menunggu karena kerusakan di planet biru sudah semakin parah. (Humas SIG)

Bumi Tak Bisa Menunggu

“Kebaikan itu menular dan perubahan tak boleh berujung. Melalui gerakan hanya dari rumah, bumi bisa terselamatkan dan kesejahteraan masyarakat sekitar dapat terbantu,” kata Hendi.

Indonesia sebenarnya memiliki banyak komunitas yang sudah bergerak ke arah kepedulian lingkungan. Ada komunitas Zero Waste yang mencanangkan gaya hidup ramah lingkungan seperti diet kantong plastik. Ada juga gerakan Lyfe With Less yang mengajak masyarakat bergaya hidup minimalis.

Ada pula komunitas yang mengolah sampah menjadi kompos, komunitas yang mengajak orang untuk tie die baju lama, hingga gerakan sosial ‘Beli di Tetangga’ guna memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga :   Cegah COVID-19, SIG Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Persoalannya di saat pandemi, banyak dari gerakan semacam yang terhambat. Namun toh bumi tak bisa menunggu karena kerusakan di planet biru sudah semakin parah, sementara kebutuhan mendorong kesejahteraan yang setara juga semakin mendesak.

Pemikiran inilah yang melandasi SIG tergerak menginisiasi gerakan peduli lingkungan. Ayo #MulaiBerubahDariRumah bersama SIG. (hps)