PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Terbang Perdana, Kargo Garuda Surabaya – Hongkong Pacu Ekspor UMKM Jatim

Surabaya, pmp –  Layanan kargo maskapai Garuda Indonesia Airlines (GIA) rute Surabaya-Hongkong yang terbang perdana pada Sabtu (6/3/2021) diharapkan bisa mendorong pertumbuhan perekonomian khususnya peningkatan ekspor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jatim.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hongkong yang mulai beroperasi per 6 Maret agar bisa berkontribusi positif untuk membantu export kita ke Hongkong sekaligus meningkatkan daya saing produk Jatim,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (5/3/2021).

GIA melayani penerbangan khusus kargo rute Surabaya – Hongkong yang terbang perdana pada Sabtu (6/3/2021) pukul 06.00. Rute Surabaya-Hongkong akan dilakukan sekali dalam sepekan yaitu tiap Hari Sabtu, dengan estimasi kargo sebesar 30 ton untuk setiap penerbangan. Sedangkan untuk rute domestik Surabaya-Banjarmasin-Balikpapan dilakukan 3 sampai 6 kali setiap minggunya.

Baca Juga :   Muslimat NU dan Pemprov Jatim Gelar Operasi Beras Murah Satu Abad NU

Layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hongkong komoditas utamanya, atau mencapai 70%-80% merupakan  household (barang2 UMKM, barang kulakan) dan umumnya milik tenaga kerja Indonesia di Hongkong. Selain itu ada juga live fish (ikan kerapu), fresh fish, gelembung ikan (perut ikan) untuk kosmetik serta barang-barang pabrikan seperti sepatu.

Khofifah menambahkan, rute penerbangan baru khusus kargo tersebut akan memberikan peluang bagi pelaku UMKM Jawa Timur untuk melebarkan sayap usahanya hingga mancanegara. Pasalnya banyak negara, termasuk Hongkong akan dimudahkan dengan adanya rute tersebut.

“UMKM kita harus bisa melihat peluang dari dibukanya rute baru khusus kargo ini,” tandas orang nomor satu di Pemprov Jatim ini.

Baca Juga :   Launching Festival Ramadan GenZI, Gubernur Khofifah Ajak Kalangan Milenial Cintai Masjid

Selama pandemi Covid-19, market untuk penerbangan kargo lebih kuat dibandingkan dengan penerbangan penumpang.   Khofifah menilai  penerbangan kargo ini bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo guna mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional.

“Kargo Surabaya-Hongkong ini bisa membantu komoditas-komoditas unggulan Jatim dan juga nasional untuk bisa lebih berkembang di luar negeri,” tuturnya.

Khofifah berharap adanya rute baru khusus kargo Surabaya-Hongkong dari GIA ini dapat memberi harapan baru dan memberikan semangat bagi pelaku UMKM di Jawa Timur untuk lebih berkembang.

“Para pelaku UMKM harus tetap semangat untuk pengembangan produk guna berdaya saing,” pungkas Khofifah. (hps)