PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

Aktivitas Bulan Ramadhan Picu Kenaikan Konsumsi LPG 7%

Surabaya, pmp — Pertamina memrediksi konsumsi Liquified Petroleum Gas (LPG) naik sebesar 7% atau menjadi 5.740 MT di wilayah Jatimbalinus mengingat anjuran beraktivitas di rumah serta momentum bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2021 membuat kegiatan memasak di rumah tangga bertambah.

“Pertamina Marketing Region Jatimbalinus memastikan pasokan energi aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT),” kata  Deden Mochamad Idhani, Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, Rabu (14/4/2021).

Deden mengatakan untuk mendapatkan harga sesuai HET untuk LPG 3 Kg, masyarakat dapat membeli LPG di pangkalan resmi yang dapat dikenali masyarakat dari papan nama atau spanduk yang terpasang di areal pangkalan. Selain itu, masyarakat juga dapat membeli di SPBU dan modern outlet yang menyediakan produk LPG.

Baca Juga :   Pertamina Jual BBM Ramah Lingkungan Berbasis Nabati di Surabaya

Berbeda dengan peningkatan kebutuhan LPG, kebutuhan produk BBM cenderung turun dibandingkan dengan sebelumnya karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa wilayah Jatimbalinus, serta adanya imbauan untuk tidak mudik dari Pemerintah.

“Untuk konsumsi harian jenis produk Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo), diperkirakan naik sebesar 8,1% menjadi 16.700 KL pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri nanti. Untuk produk Gasoil (Solar, Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex) kami perkirakan akan turun sebanyak 0,9% menjadi 6.560 KL konsumsi per harinya,” ujar Deden.

Deden menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir, karena BBM dan LPG ada dan tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Jatimbalinus selama Ramadhan dan Idul Fitri 2021.

Baca Juga :   Pertamina Serahkan 905 Paket Konversi LPG ke Nelayan Gresik

Masyarakat juga dapat berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan pelayanan Pertamina dan melaporkan apabila terjadi kendala dan hambatan distribusi produk Pertamina melalui Pertamina Call Center di nomor 135.

Saat ini Pertamina memiliki promo hemat Rp.300/Liter tanpa batas maksimal untuk pembelian produk BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex dengan menggunakan aplikasi MyPertamina yang berlangsung pada tanggal 1- 30 April 2021.

“Promo ini untuk mendorong konsumen membiasakan bertransaksi secara cashless dengan penggunaan aplikasi MyPertamina guna mengurangi potensi penyebaran virus melalui uang tunai,” kata Deden. (hps)