PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Teknologi

Telkom dan Huawei Kembangkan Teknologi 5G dan Cloud

Jakarta, pmp – Telkom Indonesia bersama Huawei menandatangani nota kesepahaman (MoU) pembentukan program riset dan inovasi 5G bersama pada Rabu, (6/11). Kerja sama ini  sebagai wujud upaya mengembangkan arsitektur jaringan melalui penerapan beragam use case yang sesuai dengan kebutuhan Telkom Group.

Pengembangan riset bersama tersebut nantinya akan mencakup sejumlah riset yang di antaranya mengenai teknologi-teknologi kunci di bidang 5G, seperti 5G Transport, teknologi antena massive MIMO (Multiple Input, Multiple Output), kapasitas jaringan, jaringan pintar, serta SDN (Software-Defined Networking)/NFV (Network Functions Virtualization).

Dalam kesempatan yang sama, Telkom Indonesia bersama Huawei Cloud juga menandatangani nota kesepahaman mengenai kesiapan mereka untuk bekerja sama dalam menghadirkan layanan cloud bagi khalayak di Indonesia. Guna terwujudnya evolusi dan inovasi teknologi di masa depan melalui dikembangkannya Laboratorium Inovasi Kecerdasan Buatan (AI) terkait teknologi cloud, serta berinisiatif membentuk komunitas pengembang peranti lunak khususnya untuk layanan cloud.

Baca Juga :   Indosat dan Huawei Tingkatkan Inovasi Bersama SRv6 Dorong Transformasi Digital Indonesia  

Hadir mewakili Telkom dalam acara penandatanganan ini adalah Faizal R. Djoemadi, Digital Business Director and Joddy Hernady, Senior Vice President Media & Digital Business, dan sementara dari pihak Huawei diwakili oleh Allen Yu, Huawei Telkom Account Director. Dalam kesempatan yang sama, turut hadir pula Andy Ma, Huawei Indonesia Carrier Business Group CEO.

Faizal R. Djoemadi, Telkom Indonesia Digital Business Director menuturkan cloud merupakan salah satu bagian penting dalam infrastruktur 5G. “Melalui kerja sama ini, kami berharap tidak saja dapat merasakan suguhan-suguhan teknologi 5G terbaik yang dihadirkan oleh Huawei, namun kami juga dapat mensintesis dari pengalaman Huawei yang sudah maju di bidang teknologi 5G di tingkat global. Kami juga berharap bahwa kerja sama ini dapat menjadi salah satu cara kami dalam menguatkan dukungan kami dalam mempercepat terwujudnya digitalisasi di Indonesia. Mari bersama-sama kita galang kerja sama bisnis yang saling menguntungkan ke depannya,”katanya.

Baca Juga :   Huawei Dukung Indonesia Lewat Infrastruktur Digital, Investasi TIK Lebih Menjanjikan

Andy Ma, Carrier Business Group CEO, Huawei Indonesia mengatakan kolaborasi ini merupakan wujud komitmen bersama dalam memperkuat pengembangan infrastruktur TIK di Indonesia demi mendorong dihadirkannya pengalaman digital terbaik dalam menyongsong kehadiran gelombang digital yang tidak terelakkan lagi.

“Kami merasa bangga dapat berkolaborasi dengan Telkom dan berharap bahwa dikembangkannya program riset dan inovasi 5G bersama ini akan berkontribusi terhadap kemajuan perkembangan TIK menuju terwujudnya Digital Indonesia sepenuhnya,” katanya.

Dengan lahirnya teknologi 5G yang membawa perubahan-perubahan besar di berbagai bidang, seperti kehidupan digital sehari-hari, perawatan medis, transportasi, IoT, manufaktur, hingga banyak sektor lainnya, kerjasama ini menjadi pengejawantahan akan komitmen dan upaya Telkom bersama dengan Huawei demi mendukung terwujudnya transformasi Indonesia menuju Indonesia digital dan cerdas, serta pengembangan inovasi teknologi yang akan mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca Juga :   XL Axiata Pilih Huawei Sebagai Mitra Jaringan 5G

Selama ini, Telkom merupakan mitra strategis bagi Huawei di Indonesia. Keduanya telah menjalin kerja sama di bidang TIK bersama dalam 15 tahun jalinan kemitraan yang erat di antara keduanya. (hps)