PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Makro

Tukar Uang Koin Sejumlah Rp 50 Ribu Berhadiah Motor

Uang koin atau uang logam Rupiah, kecil nilainya besar manfaatnya

Surabaya, pmp – Bank Indonesia Perwakilan Jatim mengedarkan uang logam senilai Rp 125,5 miliar di sepanjang tahun 2017-2019, namun yang kembali hanya Rp 2,2 miliar atau 1,74%. Agar pecahan uang logam tak tersimpan di rumah masyarakat, BI menggelar kegiatan ‘Peduli Koin Rupiah’ berhadiah motor, pada Minggu, 19 Januari 2020, di halaman parkir Kantor Perwakilan BI Jatim Jatim.

“Masyarakat cenderung lebih suka menyimpan uang logamnya di rumah, sehingga uang logam tidak berputar di masyarakat ataupun kembali ke Bank Indonesia. Padahal kebutuhan terhadap uang logam cukup besar,” kata Difi Ahmad Johansyah, Kepala Perwakilan BI Jatim saat acara ‘BI Bareng Media (BBM)’, di Kantor Perwakilan BI, Jumat (17/1/2020).

Menurut Difi, uang logam itu kecil nilainya namun besar manfaatnya. Pecahan uang logam seringkali terlupakan karena nilainya yang kecil. Padahal jika uang logam tersebut dikumpulkan bakal memiliki nilai dan manfaat besar.

Baca Juga :   Neraca Perdagangan Indonesia Bulan Mei Surplus Rp 33,9 Triliun

Sepanjang tahun 2017-2019, tercatat hanya 1,74% dari uang logam yang telah diedarkan kembali ke KPw BI Jatim. “Outflow uang logam yang keluar dari KPw BI Jatim tercatat Rp 125,506 miliar, sementara inflow-nya hanya Rp 2,189 miliar,” papar Harmanta, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jatim.

Kegiatan ‘Peduli Koin Rupiah’ bertujuan menarik kembali uang koin yang tersimpan di masyarakat agar kembali beredar di pasar. Masyarakat boleh menukarkan uang koinnya, mulai dari pecahan Rp 1 yang diedarkan tahun 1970, Rp 50 (1999), hingga Rp 1.000 (2016).

“Kami bekerjasama dengan 20 perbankan menyediakan layanan penukaran uang logam. Total modal yang telah disiapkan Rp 1,75 miliar dan terbuka kemungkinan menambah modal jika antusiasme masyarakat tinggi,” papar Abrar, Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah, KPw BI Jatim.

Baca Juga :   Perdagangan dan Jasa Kesehatan Dominasi Kebutuhan Pembiayaan Mei 2021

Jika ingin menukarkan uang logamnya, masyarakat cukup datang ke kantor Bank Indonesia dengan membawa uang logam yang sudah dipilah-pilah berdasarkan pecahan dan tahun emisi uang. Logam akan ditukar dengan uang kertas sesuai nilainya.

Hal yang menarik, BI menyediakan kupan doorprize berhadiah tertinggi motor bagi masyarakat yang menukarkan minimal Rp 50 ribu dan kelipatannya.

“Setiap penukaran uang logam senilai minimal Rp 50 ribu atau kelipatannya akan mendapatkan kupon undian doorprize berhadiah motor, LED TV, sepeda gunung hingga handphone dan tablet,” jelas Abrar.

Agar semakin menarik minat masyarakat datang dan menukarkan uang koinnya saat ‘Peduli Koin Rupiah’, digelar berbagai kegiatan seperti lomba desain tote bag bagi siswa SD, lomba cerdas cermat, lomba ibu kreatif memasak, hingga bazar bahan pokok, food bazar dari para startup kuliner di Surabaya, serta Festival Buku Murah.

Baca Juga :   Jaga Stabilitas Rupiah, BI 7-Day Reverse Repo Rate Tetap 3,5%

Kegiatan Peduli Koin Rupiah bakal diramaikan Pasha Ungu sebagai bintang tamu. “Kami mengundang seluruh masyarakat Surabaya dan sekitarnya untuk hadir dan meramaikan kegiatan Peduli Koin Rupiah. Ajak keluarga dan teman, bawa dan tukarkan uang logam sebanyak-banyaknya serta ikuti berbagai kegiatan menarik di sini,” pungkas Difi.(hps)