PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Teknologi

XL Axiata Siapkan Solusi Smart Building Nutrifood

Group Head Enterprise Product & Marketing XL Axiata, Sharif Lukman Mahfoedz (kiri) secara simbolis menyerahkan plakat solusi digital Smart Building kepada Head of Human Resources Nutrifood, Veronica Shinta di kantor pusat Nutrifood, Jakarta, kamis (12/3/2020).

Jakarta, pmp – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan PT Nutrifood Indonesia (Nutrifood) menjalin kerjasama untuk menerapkan solusi digital Smart Building berbasis layanan internet di kantor pusat Nutrifood di Jakarta. Melalui proyek ini, Nutrifood akan menjadi perusahaan pertama yang menggunakan solusi digital Smart Building dari XL Business Solutions.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, solusi digital berbasis layanan internet saat ini semakin dibutuhkan dan diminati oleh kalangan pebisnis untuk mempercepat pertumbuhan bisnis mereka selaras dengan kesiapan untuk mendukung Indonesia menyongsong era revolusi industri 4.0. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah untuk penghematan energi dan serta mendukung program smart  building di lebih banyak gedung di Indonesia .

:XL Axiata menyediakan solusi layanan internet cepat dan juga aplikasi dengan standard tinggi (telco grade) dan dengan world class expertise yang didukung penuh oleh Axiata Group. Solusi digital smart building ini  bertujuan meningkatkan berbagai aspek efisiensi pada gedung, yang meliputi sisi energi, keamanan, akses, pencahayaan, komunikasi, hingga pada fasilitas manajemen pengunjung, ruang, loker, limbah, digital signage, dan lain-lain,” katanya melalui keterangan tertulis yang dikirim Kamis (19/3/2020).

Baca Juga :   XL Axiata Sosialisasi Pemanfaatan Layanan Data kepada Nelayan Pesisir Barat Lampung

Karen Puspasari, Head of Digital Transformation Nutrifood, mengatakan sebagai perusahaan yang telah hadir selama 41 tahun untuk menginspirasi masyarakat Indonesia hidup sehat, Nutrifood berkomitmen untuk menjalankan praktik bisnis berkelanjutan (sustainable business practice) dengan memperhatikan aspek keberlanjutan, yakni people, planet and profit dalam melakukan operasi bisnis.

“Untuk tetap bisa relevan dengan perkembangan zaman, kami juga sedang melakukan proses transformasi digital untuk menjadi perusahaan yang agile namun efisien dan relevan. Kami memiliki cukup banyak inisiatif digital dan ramah lingkungan, baik di kantor pusat kami di Jakarta maupun di ketiga pabrik kami di Ciawi, Cibitung dan Sentul. Kami menyambut dengan baik kesempatan bermitra dengan XL Axiata untuk mengimplementasikan solusi digital Smart Building berbasis layanan internet, sebagai salah satu upaya kami untuk melakukan energy monitoring dan energy saving di kantor pusat kami di Jakarta,” katanya.

Baca Juga :   Dukung Pencegahan COVID-19, XL Axiata Perpanjang Gratis Data dan Donasi APD

Feby Sallyanto menambahkan, Solusi untuk kantor Nutrifood meliputi manajemen energi yang dimulai dari penerapan sensor kondisi udara ruangan (temperatur, kelembapan, dan CO2) pada berbagai titik di dalam ruangan. Sistem akan menganalisis dan mengontrol energi penyejuk ruangan konvensional secara otomatis sehingga didapatkan kondisi udara ideal yang merata di seluruh bagian ruangan.

Dengan kondisi ini, energi yang digunakan akan lebih efisien dan terkontrol serta dapat meningkatkan produktifitas karyawan karena kondisi ruangan yang ideal dan sehat. Selain itu, XL Axiata juga memberikan pemantauan tinggi air pada tangki air sehingga ketersediaan air di gedung dapat selalu terjaga

Secara umum, melalui solusi Smart Building dari XL Axiata ini, Nutrifood akan mendapatkan manfaat berupa efisiensi energi dalam penggunaan penyejuk ruangan (AC) baik pada konsumsi daya, biaya pemeliharaan, termasuk juga pada sisi AC sebagai asset. Kondisi ruangan yang ideal akan membuat properti, furnitur, dan perangkat elektornik menjadi lebih awet. Bagi karyawan, ruangan kerja akan menjadi lebih nyaman, yang kemudian akan mendorong produktivitas. Sistem pengaturan udara ruangan yang baik juga akan menjadi kesehatan karyawan selama bekerja.

Baca Juga :    myPRIOHOME, Gabungkan XL PRIORITAS dan XL HOME

Hingga saat ini, XL Business Solutions telah menyediakan berbagai macam solusi layanan digital berbasis internet dengan bekerjasama dengan beberapa partner IoT, diantaranya adalah Fleetech (Fleet Management), flexiot (IoT Platform), Smart Poultry (digitalisasi industri unggas), NB-IoT (teknologi jaringan selular khusus untuk IoT).

Layanan ini disambut dengan antusias oleh korporasi. Kedepannya, XL Business Solutions akan terus mengembangkan produk-produk solusi digital lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan bisnis di era digital menuju era revolusi industri 4.0. (hps)