PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Pertamina dan Hiswana Migas Salurkan Sembako ke Pekerja Nonformal Terdampak COVID-19

 Banyuwangi, PMP – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus bersama Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) menyerahkan  916 karung beras kepada Pemerintah Kab. Banyuwangi. Bantuan ini sebagai dukungan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) terdampak wabah COVID-19, termasuk pekerja harian sektor nonformal di wilayah Jawa Timur.

Penyerahan bantuan diwakili oleh Manager Fuel Terminal (FT) Tanjung Wangi, Hardjito didampingi oleh Sales Branch Manager Pertamina wilayah Banyuwangi, Fakhri Rizal Hasibuan yang diterima langsung oleh Bupati Banyuwangi,  Abdullah Azwar Anas

Hardjito menyampaikan dampak berlakunya social dan physical distancing sangat terasa bagi MBR yang selama pandemi ini belum tentu mendapatkan penghasilan. “Pertamina berupaya membantu, dengan harapan dukungan ini dapat memberikan semangat bagi masyarakat dan tetap dapat menjaga kesehatan sampai wabah COVID-19 ini berlalu,” ujar Hardjito dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/4/2020).

Baca Juga :   Komitmen Pertamina Patra Niaga Patuhi Peraturan Pemanfaatan Ruang Laut di Jawa Timur

Sementara itu Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas pada saat menerima dukungan dari Pertamina dan Hiswana Migas menyampaikan ucapan terima kasihnya. Sebelumnya, Pemerintah masih mengkhawatirkan prediksi dari Food and Agriculture Organization (FAO) tentang potensi adanya krisis pangan di tengah pandemi COVID-19. Ada 7 (tujuh) provinsi di Indonesia yang stok berasnya berada pada posisi defisit.

“Namun untuk Banyuwangi hingga saat ini masih mencukupi, dengan tambahan bantuan dari Pertamina dan Hiswana Migas sebanyak 4,5 ton, semoga dapat memberikan manfaat bagi lebih banyak lagi masyarakat di Kabupaten Banyuwangi,” tambah Abdullah.

Perwakilan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Banyuwangi, Johan Sucipto juga menyampaikan rasa syukur dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat yang membutuhkan di masa yang sulit ini. “Di wilayah Banyuwangi dan juga beberapa kabupaten lain, kondisi yang hampir sama juga terjadi. Bersama dengan Pertamina kami memiliki kesempatan untuk berbagi dengan sesama, supaya dapat saling bahu-membahu bertahan hingga masa pencegahan penyebaran COVID-19 ini usai,” kata Johan.

Baca Juga :   Pertamina Operasikan 56 Titik BBM Satu Harga di Jatimbalinus

Pada hari ini juga, Pertamina dan Hiswana Migas memberikan dukungan bagi masyarakat di Kabupaten Lamongan. Bantuan berupa 800  paket bahan makanan pokok, 2.000 lembar masker bedah, 500 setelan hazmat.

Khusus bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) Pertamina memberikan 250 voucher Pertamax serta layanan ganti oli gratis. Hal serupa juga dilaksanakan di Kabupaten Sidoarjo, sebanyak 100 karung beras diserahkan kepada Pemerintah Daerah.

“Pertamina Group bersama dengan mitra kerjanya  Hiswana Migas tetap senantiasa berupaya melayani kebutuhan BBM dan LPG masyarakat seraya berbagi energi tulus yang tak berhenti, sebagai wujud bakti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk Indonesia,” kata Sales Area Manager (SAM) Pertamina Wilayah Jawa Timur I, Fedy Alberto. (hps)