PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Rotary District 3420 Goes to Pesantren Bagikan Masker dan Faceshield

 

Jombang, PMP – Memasuki The New Normal ini sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Jawa Timur telah diizinkan beraktivitas kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan ponpes selama pandemi COVID-19, Rotary District 3420 bersama region 5,6, dan 7 menggelar kegiatan Rotary Goes To Pesantren.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (27/6/2020) dengan mengunjungi Pondok Pesantren Darul Ulum dan Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

“Acara ini sekaligus sebagai syukuran Board masa bhakti 2019-2020. Kami ingin silaturahmi ke pesantren, mendekatkan hati dengan para santri. Ini sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada Gus Dur,” ujar Febri Dipokusumo, District Governor 3420, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga :   Rotary D3420 dan Sri Chinmoy Oneness Gelar Obor Peace Run 2020

Ponpes Darul Ulum menjadi lokasi pertama yang dikunjungi rombongan Rotary 3420. Kedatangan rombongan disambut langsung oleh pemilik ponpes, Nyai Hajah Azzah As’ad Umar.

Usai bersilaturahmi dengan Nyai Hajah Azzah, rombongan Rotary lantas beramah tamah dengan pengurus Ponpes Darul Ulum lainnya. Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula tali asih yang diterima pimpinan dari Ponpes Darul Ulum,  KH Zaimuddin Wijaya As’ad SU.

Ditemani pengurus Ponpes Darul Ulum, rombongan Rotary lantas menyempatkan diri berkeliling komplek Ponpes Darul Ulum. Salah satunya mengunjungi SMA Darul Ulum 2 Unggulan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jombang.

SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang mengembangkan kurikulumnya dengan mengadaptasikan tiga kurikulum. Kurikulum yang diterapkannya yaitu kurikulum Pondok Pesantren, Kurikulum Nasional dan kurikulum Cambridge, tujuannya untuk menerbitkan generasi baru yang unggul dalam Imtaq, Iptek dan Akhlaqul Karimah pada skala Nasional maupun Internasional.

Baca Juga :   Rotary D3420 dan Sri Chinmoy Oneness Gelar Obor Peace Run 2020

Selanjutnya rombongan Rotary 3420 berkunjung ke Ponpes Tebuireng. Disini rombongan berziarah ke makam Gus Dur yang terletak di komplek pesantren. Ini dilakukan untuk mengenang sekaligus penghormatan kepada sosok mendiang presiden RI ke 4 itu.

“Gus Dur juga merupakan sosok yang sangat berjasa bagi Rotary. Pandangan Gus Dur sejalan dengan Rotary  yang tak pernah  memandang Suku Agama Ras (SARA), dalam pengabdiannya kepada masyarakat,” kata Febri.(hps)