PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

IDCamp Indosat Ooredoo Raih Padmamitra Award Bidang Disabilitas dan ACES Award

IDcamp
President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Abdulaziz AA Al-Neama (dua dari kiri) bersama perwakilan komunitas developer saat peluncuran IDCamp pada Agustus 2019.(Humas Indosat Ooredoo)

Surabaya, pmp – Indosat Ooredoo Digital Camp atau IDCamp meraih dua penghargaan bergengsi, yakni Padmamitra Award untuk bidang disbilitas dari Kementerian Sosial dan Asia Corporate Excellence & Sustainability Award (ACES) sebagai Top Community Care Companies in Asia.

“Kami merasa terhormat menerima penghargaan Padmamitra 2020 dan ACES 2020 untuk program CSR Indosat Ooredoo Digital Camp. Hal ini semakin menguatkan keyakinan kami bahwa kami telah berada pada jalur yang tepat untuk berkontribusi kepada masyarakat,” kata President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Lahirkan Ribuan Talenta Digital Indonesia, IDCamp Indosat Ooredoo Panen CSR Award

Menurut Ahmad, IDCamp merupakan komitmen Indosat Ooredoo untuk berkontribusi kepada negeri dengan mempersiapkan talenta digital muda yang nantinya mampu berkontribusi pada peningkatan ekonomi digital, termasuk ikut berkontribusi membangun Indonesia digital nation.

Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) yang diluncurkan di tahun 2019 merupakan program tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan di bawah pilar pendidikan, memberi kesempatan bagi lebih dari 26 ribu generasi muda Indonesia untuk belajar coding atau bahasa pemrograman secara gratis yang bersertifikat global.

Baca Juga :   Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Mitra Strategis Hadirkan Digital Kelas Dunia di Indonesia

IDCamp bertujuan mengisi kebutuhan talenta digital yang tinggi di tahun-tahun mendatang. Setelah sukses besar di tahun pertama dengan meraih total enam penghargaan CSR hingga November ini, IDCamp 2019 dilanjutkan dengan menggelar IDCamp 2020.

“Memasuki tahun kedua ini, kami sangat mengapresiasi tingginya antusiasme para pemuda Indonesia yang ditunjukkan dari meningkatnya jumlah peserta IDCamp 2020 hampir 50%,” tambah Ahmad.

Beasiswa Bagi 801 Disabilitas

Padmamitra Award digelar berkala oleh Kementerian Sosial sebagai apresiasi bagi perusahaan-perusahaan yang telah menyelenggarakan program CSR untuk membantu pemerintah dan masyarakat menangani berbagai permasalahan sosial di Indonesia.

Pada tahun 2020, Padmamitra Award memiliki tujuh kategori sebagai prioritas masalah kesejahteraan sosial, yakni: bidang kemiskinan, ketelantaran, disabilitas, korban tindak kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi, bidang keterpencilan, bidang ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, serta bidang bencana dan kebencanaan.

Baca Juga :   Indosat Ooredoo Gandeng Google Percepat Digitalisasi UMKM dan Perusahaan di Indonesia

Indosat Ooredoo melalui program IDCamp memenangkan Padmamitra Award 2020 untuk bidang disabilitas dan menjadi satu-satunya perusahaan di sektor telekomunikasi yang berhasil meraih penghargaan tersebut.

IDCamp dinilai sebagai program CSR yang sudah dilakukan secara terarah, berkelanjutan dan memiliki sasaran jelas dengan dukungan data yang memadai.

IDCmp 2019 diikuti sebanyak 517 peserta disabilitas yang mendapatkan beasiswa belajar coding online, dimana 109 di antaranya berhasil meraih sertifikat kelulusan tingkat pemula (beginner), serta 17 peserta di antaranya mendapatkan beasiswa lanjutan untuk meneruskan pelatihan developer di tingkat mahir (expert).

Lebih dari separuh peserta disabilitas memilih pelatihan Android Developer dan 20% di antaranya mampu lulus tepat waktu, berkat bimbingan online dari IDCamp yang didukung Dicoding Indonesia sebagai satu-satunya Google Developers Authorized Training Partner di Indonesia.

Baca Juga :   Indosat Ooredoo Umumkan Pemenang SheHacks 2021, Berdayakan Perempuan Melalui Teknologi

Pada tahun ini, peserta disabilitas IDCamp 2020 naik menjadi 801 orang yang didominasi pelajar dan mahasiswa.

Top Community Care Companies

Sementara penghargaan internasional Asia Corporate Excellence & Sustainability Award (ACES) 2020 menobatkan Indosat sebagai ‘Top Community Care Companies in Asia’.

ACES Award merupakan salah satu penghargaan paling bergengsi dan menjadi salah satu penghargaan yang paling dicari di Asia dengan daftar pemenang eksklusif yang mencakup beberapa pemimpin bisnis, perusahaan dan merek paling terkenal di Asia. Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards telah membawa aspirasi bisnis dan kisah sukses Asia ke panggung dunia melalui berbagi pengetahuan dan pengakuan.

Para juri ACES Award menilai Indosat Ooredoo melalui IDCamp sebagai perusahaan dengan misi dan nilai yang peduli pada komunitas serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas, melalui penguasaan bahasa coding dan teknologi digital.(hps)