PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

KidZania Surabaya Hadir di Lagoon Avenue Mall Sungkono

Anak-anak mencoba wahana edukasi Kidzania Surabaya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Surabaya, pmp – Wahana edukasi dan bermain anak, Kidzania hadir di Surabaya, tepatnya di lantai 2 Lagoon Avenue Mall Sungkono, kawasan superblock Grand Sungkono Lagoon. Gerai ke-30 dunia dan kedua di Indonesia ini dibuka dengan menerapkan protocol kesehatan.

“Akhirnya Kidzania Surabaya dibuka Desember 2020 setelah mundur dari jadwal pembukaan November tahun lalu karena pandemi. Saat ini kami masih membatasi kapasitas pengunjung 50 persen dari normal daya tamping 1.200 pengunjung,” kata Tarno Darwan, City Mayor KidZania Surabaya, Sabtu (12/12/2020),

Pada areal seluas 4500 m2 ini  Kidzania Surabaya menciptakan replika sebuah kota dengan beragam fasilitas yang mendukung tiap-tiap profesi. Setidaknya ada 109 profesi yang bisa dicoba pengunjung di 45 wahana atau establishment.

“KidZania adalah angin segar dalam dunia anak-anak Indonesia, terutama Surabaya. Anakanak tidak hanya diceritakan atau diberi tontonan, tapi benar-benar langsung diberi pengalaman dan perspektif dunia kerja orang dewasa. Edukatif, tapi juga entertaining dan menyenangkan,” jelas Tarno.

Kegiatan belajar menyenangkan ini dirancang untuk rentang usia 4-16 tahun dan mempersiapkan anak ke era industry 4.0. Replica kota metropolis Kidzania didesain mirip aslinya baik bentuk dan segala aktivitasnya agar anak-anak bisa merasakan apa yang terjadi sesungguhnya dalan setiap profesi guna membangun tanggung jawab dan pola pikirnya mulai dari profesi polisi, pemadam kebakaran, bankir, dokter, perawat, pilot hingga kurir belanja online.

Mentor Minister KidZania Surabaya,  Uchu Riza mengungkapkan ada tiga hal penting yang menjadi tantangan dalam penyelenggaraan Taman Bermain (Theme Park), yakni keselamatan, pendidikan dan komunitas.

“Ketiganya akan diterapkan secara ketat dan berkesinambungan di KidZania Surabaya agar penduduk kota mini ini, yakni anak-anak dan pendampingnya, merasa aman dan nyaman,” katanya.

Kidzania Surabaya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 dilakukan dengan amat ketat. Kapasitas anak yang bermain dalam establishment dikurangi hingga separuhnya. Hand sanitizer disediakan di tiap-tiap establishment dan juga petugasnya.

“Setiap sebelum dan sesudah bermain, anak-anak diminta cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Ruangan disterilkan terlebih dahulu sebelum sesi selanjutnya masuk. Dalam antrian, anak dijelaskan sembari diatur jaraknya dan tetap memakai masker,” pungkasnya. (hps)