PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Polkam

Maybank Fasilitasi Bio Farma Rp 2,68 Triliun Pengadaan Vaksin COVID-19

Jakarta, pmp – Maybank Indonesia memberi fasilitas pembiayaan kepada Bio Farma senilai Rp 2,68 triliun untuk pengadaan vaksin COVID-19. Maybank melalui unit usaha syariahnya telah menjadi bank pertama di Indonesia yang memberi pembiayaan terkait pandemi bagi holding BUMN produsen dan distributor produk farmasi itu.

“Merupakan suatu kehormatan bagi Maybank Indonesia untuk berpartisipasi secara aktif dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia. Harapan kami, kerja sama ini dapat memberi dampak luas bagi masyarakat dan khususnya kepada pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, serta iklim investasi di Indonesia,” kata Taswin Zakaria, Presiden Direktur Maybank Indonesia, melalui rilis pada Senin (14/12/2020).

Dukungan pembiayaan Maybank Indonesia melalui unit usaha syariahnya kepada Bio Farma menunjukan kolaborasi, kerja sama dan sinergi yang kuat antara pemerintah dan sektor swasta, terutama dalam upaya penanggulangan COVID-19 di Indonesia, sekaligus mengedepankan produk atau proposisi syariah.

Baca Juga :   Layanan Perbankan Digital Maybank Raih Penghargaan Internasional

Fasilitas pembiayaan buat Bio Farma berbasis syariah omnibus line facility senilai 185 juta dolar US atau setara Rp 2,68 triliun melalui beberapa termin. Fasilitas pembiayaan mencakup proposisi syariah, Musharakah Trade Financing, serta forward hedging.

Menurut Ricky Antariksa, Direktur Perbankan Global Maybank Indonesia, pembiayaan syariah ini selaras dengan pendekatan sharia first, di mana Maybank Indonesia memberikan solusi pembiayaan dengan tujuan memperluas cakupan utilisasi pembiayaan berbasis syariah kepada dunia usaha Indonesia.

“Terkait upaya penanggulangan COVID-19, kami menilai PT Bio Farma (Persero) memiliki perencanaan pengadaaan yang terstruktur dan memiliki jaringan usaha yang kuat melalui anak usahanya, PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma (Persero) Tbk, yang akan menjalankan fungsi distribusi kepada masyarakat,” tambah Ricky.

Baca Juga :   Maybank Indonesia Bantu Ketahanan Pangan Warga Terdampak Pandemi

Terkait upaya penanggulangan pandemi COVID-19, pemerintah melalui Bio Farma akan berupaya memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri  dengan mempersiapkan sebanyak 15 juta bulk vaksin untuk tahap pertama.

I Gusti Ngurah Suharta Wijaya, Direktur Keuangan dan Mitra Bisnis, PT Bio Farma (Persero), menjelaskan, saat ini Bio Farma sebagai holding BUMN farmasi bersama PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma (Persero) Tbk, sedang melangsungkan kegiatan usaha yang berfokus pada penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Mengingat bakal luas dan besarnya skala penanggulangan pandemi, kami membutuhkan mitra perbankan yang solid dan inovatif dalam memberikan solusi finansial yang tepat,” kata Suharta.

Dia berharap kerja sama kemitraan dengan Maybank Indonesia dapat berlangsung secara produktif, sejalan visi dan misi pemerintah memulihkan kembali kondisi masyarakat dari pandemi di seluruh pelosok negeri.(hps)