PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Para Korban SJ-182 Berasal dari 24 Daerah, Menhub Janjikan Pencarian Maksimal

Menhub Budi
Menhub Budi bertemu keluarga korban Sriwijaya Air SJ-182. (Humas Kemenhub)

Jakarta, pmp  – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjanji kepada para keluarga korban bahwa pemerintah bakal melakukan pencarian maksimal terhadap jenazah para korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

“Tadi kami telah mengadakan pertemuan dengan keluarga korban untuk menyampaikan upaya pemerintah memaksimalkan pencarian dan selanjutnya akan memberikan santunan kepada pihak keluarga korban. Harapannya pertemuan itu memberikan rasa aman dan kepastian bagi keluarga korban bahwa mereka mendapatkan layanan yang baik,” kata Menhub Budi usai mendatangi Posko Crisis Center bagi keluarga korban, di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (11/1/2021).

Menurut Menhub Budi seperti dirilis Kemenhub, domisili korbanSriwijaya Air SJ-182 bukan hanya Jakarta dan Pontianak, namun berasal dari 24 kabupaten atau kota seperti Bandung, Jawa Tengah, Bangka, dan lainnya.

Baca Juga :   Kemenhub Pastikan SJ-182 Laik Mengudara, Sertifikat Kelaikudaraan Berlaku Sampai 17 Desember 2021

Para keluarga korban berharap segera mendapatkan kepastian atas kondisi keluarganya.

“Saya sampaikan kepada Jasa Raharja dan Sriwijaya Air untuk memberikan layanan yang baik, termasuk ada permintaan dari keluarga korban agar korban dapat dimakamkan di kota asal masing-masing,” tambah Menhub.

Menhub Budi menegaskan pemerintah akan fokus dalam proses pencarian dan pertolongan yang dilakukan oleh tim gabungan.

“Upaya kita konsentrasikan pada pencarian korban karena para keluarga sudah menunggu kepastian. Dan juga supaya penanganan selanjutnya, yaitu pemberian santunan bisa segera dilakukan,” tambahnya.

Santunan Segera Diproses

Direktur Utama Jasa Raharja Budi Raharjo menyampaikan, pihaknya telah menghubungi dan mendatangi 62 keluarga korban penumpang Sriwijaya Air SJ-182.

Baca Juga :   Menhub Tugaskan Jasa Raharja dan Sriwijaya Air Segera Penuhi Hak Keluarga Korban SJ-182

Menurutnya apabila persyaratan administrasi sudah dipenuhi dan telah keluar hasil resmi dari RS Polri terkait identitas korban, maka santunan akan segera diporses dan diberikan kepada para ahli waris korban.

Direktur Utama Sriwijaya Air Jefferson Irwin Jauwena juga memastikan telah menyiapkan fasilitas penginapan di hotel berikut family assistant dan akan memenuhi kebutuhan keluarga korban hingga ditemukannya para korban penumpang Sriwijaya Air SJ-182.

Kepala Basarnas Bagus Puruhito menjelaskan, hasil pencarian hingga Senin telah menemukan 10 kantong jenazah yang berisi human remain, 10 kantong berisi potongan atau bagian kecil dari partikel pesawat, serta 16 potongan cukup besar dari bagian pesawat, serta enam potong pakaian. Sebanyak 18 kantong jenazah dan enam potong pakaian sudah diserahkan kepada DVI Polri dan sedang diproses untuk identifikasi.

Baca Juga :   Sandiaga Gandeng INACA Kembalikan Kepercayaan Masyarakat Pasca Musibah SJ-182

Sementara Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono menerangkan, sinyal lokasi kedua black box sudah ditemukan dan telah membuat batas untuk mempersempit area pencarian, sehingga tim bisa fokus dalam upaya pencarian black box sebagai alat vital dalam mengungkap penyebab kecelakaan.(gdn)