PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Polkam

Biden Pecahkan Rekor Presiden AS Tertua, Harris Wapres Perempuan Pertama

Joe Biden
Presiden Joe Biden (kanan) dan Wapres Kamala Harris (mantel ungu) jelang pelantikan di Capitol Hill. (tangkapan layar bideninaugural.org)

Jakarta, pmp – Joe Biden dan Kamala Harris telah dilantik menjadi Presiden dan Wapres AS periode 2021-2025. Biden tercatat sebagai presiden AS tertua saat dilantik menjadi presiden ke-46 di usia 78 tahun, sedangkan Harris pecahkan rekor perempuan berkulit hitam pertama menjadi wapres.

Pelantikan keduanya dilakukan di Gedung Kongres Capitol Hill, Washington DC, pada Rabu (20/1/2021).

Biden yang genap berusi 78 tahun pada 20 November 2020, menjadi presiden tertua dalam sejarah kepresidenan AS memecahkan rekor Donald Trump yang berusia 70 tahun saat dilantik pada 20 Januari 2017.

Biden bukannya tak paham mengenai usianya yang sempat menjadi isu yang digunakan pihak lawan saat Pilpres.

Baca Juga :   Pendemo Capitol Hill Bawa Bendera Merah Putih, Ini Klarifikasi KBRI Washington DC

“Saya justru berharap bisa menyerukan bahwa tua itu membawa kebijaksanaan dan pengalaman yang bisa membuat segala sesuatunya lebih baik. Anda yang memutuskan, bukan saya,” kata Biden sepert dikutip South Coast Today.

Wapres Kamala Harris sendiri ternyata memecahkan tiga rekor sekaligus, yakni wapres perempuan pertama, wapres keturunan kulit hitam pertama, serta imigran asal Asia Selatan pertama yang memegang jabatan wapres.

Harris yang menjadi senator asal California sejak 2017 merupakan putri imigran asal Jamaika dan India, serta tumbuh besar di gereja Black Baptist dan kuil Hindu. Harris memecahkan rekor wanita India-Amerika pertama dan wanita kulit hitam kedua yang sukses menjadi senator.

Sebagai kandidat yang bertarung di Piilpres, Biden-Harris juga sukses memecahkan rekor suara kemenangan terbanyak dalam sejarah Pilpres AS.

Baca Juga :   Pelantikan Joe Biden Dilakukan Daring karena COVID-19 Masih Ganas

Pada Pilpres AS 2020, keduanya menangguk dukungan 81.282.903 suara dari total penduduk AS di tahun 2019 yang tercatat 328,2 juta, memecahkan rekor Presiden Barack Obama pada Pilpres 2008 sebesar 69.498.516 suara dengan jumlah penduduk saat itu sekitar 304,1 juta.(gdn)