PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Inovasi Terbaik Indonesia 2020, Avator Jadi Garda Terdepan Kapabilitas PJB

Surabaya, pmp –  Inovasi yang diusung PT Pembangkit Jawa-Bali (PJB) pada ajang prestisius yang digelar Business Innovation Center (BIC) sebuah lembaga yang didirikan Kementerian Negara Riset dan Teknologi yakni Automatic Vibration Monitor Calibrator (Avator) dianugerahi sebagai 1 dari 112 Karya Indonesia Paling Prospektif di tahun 2020.

“Avator menjadi inovasi paling canggih saat ini dan menjadi garda terdepan dalam menegaskan kapabilitas PT PJB dalam bidang pembangkitan dan SDM yang berkualitas serta berdaya saing tinggi,” kata Direktur Utama PT Pembangkitan Jawa- Bali Gong Matua Hasibuan, Sabtu (6/3/2021).

Gong mengatakan Avator dapat diimplementasikan pada berbagai sector industry yang menggunakan vibration monitor sebagai perangkat pemantau pada mesin-mesin industry.

Baca Juga :   PJB Komersialisasikan Co-Firing Kedua di PLTU Pacitan

Inovasi ini merupakan hasil karya tiga karyawan PJB dari Unit Pemeliharaan Wilayah Timur (UPHT) yaitu Alfian Budiarmoko, Robbi Auzikni, Apolonius Adhi Hariyatma dan Yongky Permana Ramlan.

Pada gelaran BIC babak seleksi proposal dan inovasi yang tergabung dalam 112 Inovasi Indonesia-2020 dilaksanakan pada Februari 2021 dengan melibatkan 17 juri dalam empat kategori proposal, dan setiap proposal dinilai oleh 5 juri.

“Ini merupakan pemilihan “100+ Inovasi Indonesia” yang dapat dikatakan paling ketat dalam sejarah BIC dan menghasilkan  112 inovasi terbaik di Indonesia saat ini,” katanya.

Sebelumnya Avator berhasil menyabet penghargaan Asian Power Awards, sebagai satu-satunya perwakilan PLN pada Millennial BUMN Summit tahun 2020 yang diserahkan langsung Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca Juga :   Pantau Kesiapan Pasokan Listrik Jelang Idul Fitri, Menteri ESDM Apresiasi Digitalisasi PJB

Avator  meraih gelar juara 1 pada BUMN MIS kategori Techonology Breakthrough setelah mengalahkan lebih dari 8000 inovasi dari perusahaan-perusahaan BUMN  dan menjadi satu-satunya perwakilan dari PLN Group.

Menurut Gong, Avator memang digadangkan menjadi karya inovasi yang mumpuni baik di atas kertas maupun di lapangan, terutama di industri pembangkitan listrik. Hal ini dibuktikan melalui keberhasilannya dalam mempercepat pengujian vibrasi monitor sehingga telah membuat inovasi ini dipatenkan.

“Selain berhasil menjadi yang terbaik di lingkungan PLN Group pada Lomba Karya Inovasi PLN 2018 kategori Technical Supporting, inovasi Avator juga menjadi inovasi pengujian vibrasi monitor yang pertama ada di dunia. ,” kata Gong.

Sementara keberhasilan PJB pada BUMN MIS 2020, lanjut Gong  mencerminkan semangat talenta-talenta muda dalam berkarya serta siap dalam menghadapi masa depan. (hps)