PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

SIG dan BNI Join Solusi Digital Value Chain untuk Mitra SIG

SIG BNI
Dirut SIG Hendi Prio Santoso (dua dari kanan) dan Dirut BNI Royke Tumilaar (tiga dari kanan). (Humas SIG)

Jakarta, pmp – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melakukan Perjanjian Kerja Sama Solusi Digital Value Chain (SDVC) untuk pembiayaan distributor Mitra SIG. Penandatanganan dilakukan Dirut SIG Hendi Prio Santoso dan Dirut BNI Royke Tumilaar, di Jakarta, Senin (5/4/2021).

SDVC yang memanfaatkan layanan digital perbankan berupa fasilitas pembiayaan dari BNI bakal diberikan kepada para distributor Mitra SIG guna mendukung kelancaran distribusi semen, produk turunan semen dan building material lainnya.

“Kondisi perekonomian yang cukup menantang di masa pandemi menuntut perusahaan untuk mengoptimalkan modal kerja melalui pengelolaan kas dengan mempercepat cash convertion cycle, baik di sisi perusahaan maupun Mitra SIG. Salah satunya melalui solusi digital host to host untuk pembiayaan para distributor Mitra SIG dengan tarif yang kompetitif dan solusi agunan yang ringan,” kata Dirut Hendi Prio Santoso.

Baca Juga :   Reklamasi Lahan Pascatambang Batu Kapur SIG Tunjukkan Peningkatan Kesuburan Tanah

Keuntungan lainnya, lanjut Dirut Hendi, akan diperoleh transparansi arus dokumen dan kas secara real time, proses pencairan yang lebih flexible, kemudahan rekonsiliasi dan administrasi dokumen tagihan, paperless dan aman.

“Apalagi guna memenuhi target penjualan domestik tahun 2021 serta rencana launching produk turunan semen maupun bahan bangunan lainnya di kuartal kedua tahun 2021, maka potensi pembiayaan para distributor Mitra SIG masih cukup besar,” lanjutnya.

Sementara Dirut BNI Royke Tumilaar mengatakan, kerja sama diharapkan dapat memperkuat hubungan antara BNI dan SIG, khususnya pada segmen usaha kecil dan menengah (UKM). Salah satunya, BNI menyediakan skema distributor financing untuk pembelian produk semen dan building material lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh Mitra SIG. “Langkah ini dapat mendukung bisnis dan pemberdayaan UKM Mitra SIG,” kata Dirut Royke.

Baca Juga :   SIG Memfasilitasi 4 UMKM Binaan Ikuti Pameran Malang City Expo 2022

Saat ini SIG telah menggunakan produk dan layanan BNI secara keseluruhan baik dari sisi business banking, yakni fasilitas Kredit Korporasi untuk modal kerja maupun investasi, treasury line, trade facility bagi Mitra SIG (supplier financing, Bank Garansi), cash management (cash pooling dan notional pooling), juga untuk optimalisasi pendanaan SIG Grup. Sementara dari sisi consumer banking yaitu payroll, Flexi, Griya, credit card, DPLK dan produk layanan BNI lainnya. (hps)