PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Sido Muncul Sumbang Rp 500 Juta Korban Banjir NTT Melalui Kemensos

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Mensos Tri Rismaharini di Gedung Kementerian Sosial, Rabu (14/4/2021).

Jakarta, pmp – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk menyumbangkan dana senilai Rp500 juta bagi para korban banjir di Nusa Tenggara Timur (NTT) . Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Menteri Sosial RI Tri Rismaharini di Gedung Kementerian Sosial, Jakarta, pada Rabu (14/4/2021).

“Ini untuk kedua kalinya sejak Bu Tri Risma menjabat Mensos, Sido Muncul memberikan bantuan melalui Kemensos. Sebelumnya bantuan untuk korban Gempa Mamuju Majene dan kali ini untuk korban bencana banjir bandang di NTT,” kata Irwan Hidayat dalam keterangan resminya, Jumat (16/4/2021).

Banjir bandang yang melanda Kabupaten Flores Timur, NTT, pada Minggu (4/4/2021) telah menelan ratusan korban jiwa dan menyebabkan kerugian materiil. Dilansir dari Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), hingga Selasa (13/4/2021) sebanyak 178 orang meninggal dunia dan 47 orang hilang atau masih dalam pencarian.

Baca Juga :   Gaet Pesinden Muda, Sido Muncul Produksi Iklan Terbaru Bertema Wayang dan Sinden

Lebih lanjut Irwan menceritakan Kemensos dipilih untuk menyalurkan bantuan bukan tanpa alasan. Pemerintah melalui Kemensos diyakini punya kapabilitas untuk mendistribusikan bantuan agar tepat sasaran. Hal ini sekaligus menjadi wujud kepercayaan Sido Muncul kepada pemerintah.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat

“Ada dua faktor yang menjadi pertimbangan Sido Muncul untuk menggandeng pihak dalam menyalurkan bantuan. Yang pertama adalah akses. Saya menyadari bahwa Sido Muncul tidak memiliki akses menuju wilayah terdampak bencana. Sehingga, kami memerlukan mitra yang tepat dan bisa menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia, dalam hal ini pemerintah melalui Kemensoslah yang memiliki akses paling lengkap. Kedua adalah kepercayaan. Ini bisa dilihat dari kredibilitas suatu pihak dan track recordnya selama ini. Dan, bantuan hari ini adalah sebagai tanda saya percaya pemerintah. Terima kasih banyak kesempatan untuk menyalurkan bantuan,” papar Irwan.

Baca Juga :   Sido Muncul Sumbang 4.000 Botol Kapsul JSH Buat RSPAD Gatot Subroto

Sebelumnya, pada Rabu (7/4/2021)  Sido Muncul telah menyumbangkan dana senilai Rp650 juga bagi  korban banjir di NTT. Bantuan tersebut disalurkan melalui Benihbaik.com, Komunitas Muslim NTT Aisyiyah (Organisasi Perempuan Persyarikatan Muhammadiyah), Keuskupan Larantuka, dan Keuskupan Atambua.

Irwan menjelaskan alasan Sido Muncul memberikan donasi berupa uang tunai karena bisa berjalan lebih cepat dan fleksibel, sehingga kebutuhan apa pun yang diperlukan, bisa segera dibeli di daerah setempat. (hps)