PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

Tol Ruas Pekanbaru-Bangkinang 65,6%, Target Tuntas Desember 2021

Tol Pekanbaru-Bangkinang
Presiden Jokowi tinjau pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang di Kabupaten Kampar, Riau. (BPMI-Muchlis JR)

Kampar, pmp – Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang yang berada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Jalan tol seksi Pekanbaru-Bangkinang merupakan jalan tol sepanjang 40 kilometer dan menjadi bagian dari tol Trans-Sumatera yang akan membentang dari Aceh hingga Lampung sepanjang 3.049 kilometer.

“Ini berada di (jalan tol seksi) Pekanbaru-Bangkinang dan nantinya akan terhubung ke arah Padang. Kita harapkan perkembangan pembangunannya semakin hari semakin panjang,” kata Presiden Jokowi di lokasi, Rabu (19/5/2021).

Sampai saat ini, proses pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol seksi tersebut telah mencapai 60,70%, sementara proses konstruksi mencapai 65,60%.

Konstruksi jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ditargetkan selesai Desember 2021 dan akan terhubung dengan jalan tol yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Minta Para Dirut BUMN Lebih Berani Ambil Risiko

Semakin banyaknya wilayah di Pulau Sumatera yang terhubung tol, Presiden Jokowi berharap kecepatan mobilitas orang dan barang meningkat sehingga meningkatkan daya saing Indonesia dibandingkan negara-negara lain.

“Produk-produk di Provinsi Riau dan di Kota Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik, terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara lain,” kata Jokowi.

Proyek pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Padang mampu menyerap 11.984 tenaga kerja dan menggunakan program padat karya tunai dengan anggaran yang direncanakan senilai Rp 21,13 miliar untuk menyerap 5.788 tenaga kerja pada tahun 2021.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan Gubernur Riau Syamsuar. Juga Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.(els)