PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Bank UMKM Jatim dan Danamon Bersinergi Mudahkan Nasabah Bertransaksi Online

Bank UMKM Jatim dan Danamon
Dirut Yudhi Wahyu (dua dari kanan) dan Eka Dinata (tiga dari kanan) saat penandatanganan kerja sama di Kantor Pusat Bank UMKM Jawa Timur.(Humas Bank UMKM Jatim)

Surabaya, pmp – Bank UMKM Jawa Timur (Bank BPR Jatim Bank UMKM Jawa Timur) bersinergi dengan Bank Danamon (PT Bank Danamon Indonesia Tbk) memudahkan para nasabah bertransaksi online melalui Application Programming Interface (API) Central dan Virtual Account Danamon.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Yudhi Wahyu (Direktur Utama Bank UMKM Jawa Timur) dan Eka Dinata (Regional Head Jawa Timur Bank Danamon), di Kantor Pusat Bank UMKM Jawa Timur, Jalan Ciliwung 11, Surabaya, Jumat (11/6/2021).

“Melalui kerja sama ini, Bank UMKM akan menerapkan aplikasi API Central Danamon untuk menghadirkan layanan transfer antar bank secara real time kepada nasabah,” kata Dirut Yudhi Wahyu pada acara penandatangan kerja sama yang menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baca Juga :   Bangkitkan UMKM Pascapandemi, Khofifah Salurkan Dana Bergulir Rp 330 Miliar

Kerja sama tersebut juga memungkinkan Bank UMKM yang merupakan BPR milik Pemprov Jatim, menggunakan API Virtual Account Danamon untuk layanan penerimaan dana secara online bagi para nasabahnya.

Sementara  Regional Head Danamon Jawa Timur, Eka Donata mengaku Bank Danamon senang dapat berkolaborasi dengan salah satu BPR terbesar di Indonesia dalam meningkatkan kualitas layanan perbankan digital dan juga memperluas akses layanan kepada masyarakat pada umumnya.

Dengan penggunaan API Central dan Virtual Account Danamon, Bank UMKM Jawa Timur memudahkan nasabahnya melakukan transaksi secara aman, nyaman dengan proses yang cepat secara real time.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bank UMKM Jatim atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan kepada Danamon dan berharap kemitraan dalam hal digitalisasi ini merupakan awal dari kerjasama yang produktif dan berkesinambungan,” kata Eka Dinata.

Baca Juga :   Dukung Gubernur Jatim Percepat PEN, Bank UMKM Salurkan Dana Bergulir Rp 150 M dan Kredit Petani Rp 200 M

Dengan menggunakan API Central, ke depan nasabah Bank UMKM Jatim dapat melakukan transfer ke bank lain melalui ATM. Selain itu nasabah Bank UMKM Jatim juga dapat melakukan setoran dana secara real time kapan saja, termasuk di hari libur melalui API Virtual Account Danamon.

Danamon untuk digital banking telah mendapatkan sejumlah penghargaan dari lembaga internasional, yakni Best Digital Bank Indonesia pada ajang Asiamoney Best Bank Award 2020.

Juga penghargaan Asia Trailblazer 2020 dari Retail Banking International (RBI) dengan predikat Highly Commended dalam kategori Best Digital Banking Initiative, serta penghargaan 2020 DX Gamechanger dari IDC untuk transformasi digital perusahaan.

Sementara Bank UMKM  berhasil meraih  penghargaan ‘Indonesia Best BUMD Awarad 2021’ dan penghargaan ‘2nd The Best Indonesia Enterprises Risk Manajemen 2021’ kategori Local Government.

Baca Juga :   Puteri Indonesia Apresiasi Bank UMKM Jatim Kembangkan Ekonomi Pedesaan

“Kami berharap layanan dengan API Virtual Account dan API Central secara real time akan semakin mendukung perkembangan digitalisasi Bank UMKM Jawa Timur,” pungkas Yudhi. (hps)