PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Pertamina Dorong Startup Generasi Muda Lewat Pertamuda, Modal Rp 100 juta Tiga Terbaik

Pertamina Pertamuda
Tiga terbaik Pertauda mendapat modal usaha masing-masing Rp 100 juta dan 50 peserta dimonitoring bisnisnya 10 bulan.(Humas Pertamina)

Denpasar, pmp – PT Pertamina (Persero) mendorong pertumbuhan startup generasi muda melalui Pertamuda Online Workshop Series sebagai komitmen mendukung pengembangan startup di Indonesia. Bakal dipilih 50 peserta untuk mengikuti kompetisi offline di Bali bertajuk ‘Demoday Pertamuda 2021’ dan disiapkan modal usaha masing-masing Rp 100 juta bagi tiga terbaik.

Program Pertamuda atau Pertamina Muda merupakan upaya  perseroan membina sinergi dunia industri dan perguruan tinggi guna tercapainya inovasi dan kemajuan bangsa yang berkesinambungan.

“Melalui ajang Pertamuda ini, Pertamina akan mempertemukan ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia yang memiliki ide-ide atau gagasan bisnis,” kata Fajriyah Usman, Pjs Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, saat pembukaan Pertamuda Online Workshop Series (OWS), Rabu (30/6/2021).

Baca Juga :   Pertamina Optimis Kesadaran Masyarakat Mengonsumsi BBM Berkualitas Makin Meningkat

Menurut Fajriyah, sektor energi dan sektor lainnya di dunia mengalami transisi sangat cepat, sehingga bukan hanya jenis energinya tetapi juga mekanisme dan pola kerjasama, stakeholder manajemen, serta supply chain harus dilakukan transformasi.

“Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan penerapan ESG, Pertamina berkomitmen tinggi pada pengembangan generasi muda dengan menggali potensi yang mereka miliki dan mempertemukan dengan kebutuhan industri di masa depan,” paparnya.

Rifky Rakhman Yusuf, Manager Non Goverment Stakeholder Relation PT Pertamina (Persero), memaparkan bahwa Pertamuda OWS akan berlangsung empat kali.

Seri pertama yang dilaksanakan Rabu (30/6/2021) melalui platform Zoom mengangkat topik  ‘Design Thinking: Membuat Problem Menjadi Bisnis’. Seri kedua yang mengangkat topik ‘Memahami Market dan Menjaring Konsumen’ akan dilaksanakan Senin (5/7/2021).

Baca Juga :   Pertamina Gelar Vaksinasi Gotong Royong bagi Mitra Kerja di Surabaya dan Malang

Seri ketiga pada Senin (12/7/2021) akan membahas ‘Menemukan Produk yang Sesuai dengan Permintaan Market’, khususnya mengenai value proposition canvas atau alat yang dapat membantu mengenali produk atau jasa apa yang menjadi kebutuhan konsumen sehingga dapat menciptakan value untuk konsumen sesuai kebutuhan mereka.

Pertamuda OWS seri keempat sekaligus penutup akan membahas topik ‘Merancang Sebuah Usaha  dengan Metode BMC’ bkal digelar Jumat (16/7 2021).

“Kami melihat minat yang tinggi dalam dunia startup dan saat ini hampir semua kampus di Indonesia telah melengkapi diri dengan lembaga inkubasi bisnis bagi mahasiswanya, sehingga melalui program pembinaan kewirausahaan anak muda ini Pertamina telah mengkolaborasikan kampus dengan dunia industry,” tutur Rifky.

Baca Juga :   Geliat UKM Sokong Warga Perak Utara Makin Tangguh

Menurut Rifky, mahasiswa dari berbagai kampus yang mengikuti Program Pertamuda akan dikurasi menjadi 50 terbaik untuk selanjutnya dikompetisikan secara offline di Bali bertajuk ‘Demoday Pertamuda 2021’.

Tiga terbaik akan mendapatkan modal usaha menjalankan ide bisnisnya masing-masing Rp 100 juta dan seluruh 50 peserta akan dimonitoring selama 10 bulan untuk memantau perkembangan bisnisnya.(hps)