PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Menparekraf Sandiaga Ajak Milenial Bangun Desa Wisata Unggul Berdaya Saing

Jakarta, pmp – Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengajak generasi milenial, khususnya Kabupaten Agam, Sumatera Barat, turut membangun desa wisata yang unggul dan berdaya saing dengan berbagai kreativitas yang dimiliki sehingga memberi manfaat besar bagi masyarakat.

Menparekraf Sandiaga menyamaikan saat webinar dengan Bupati Agam dan Asosiasi Desa Kreatif Indonesia bertema ‘Mambangkitkan Nagari Kreatif untuak Lapangan Karajo Baru di Salingka Danau Maninjau’di Jakarta, Jumat (2/7/2021).

“Desa wisata selain menjadi penggerak perekonomian masyarakat juga salah satu desa program yang sangat strategis untuk memastikan generasi milenial dan Z bisa memperoleh insentif melalui program pelatihan dan pendampingan dalam peningkatan kompetensi. Sehingga bisa menghadirkan desa wisata yang unggul dan berkelanjutan dengan berbagai ide-ide, gagasan, dan inovasi kreatif anak muda,” ujar Sandiaga.

Baca Juga :   Sandiaga Sebut Sport Tourism Belitung One of The Best in The World

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2020, kalangan milenial dan generasi Z  mendominasi sekitar 90 juta orang atau 53% dari penduduk Indonesia. Oleh karenanya diperlukan peran serta generasi milenial dan Z untuk membantu salah satu program unggulan Kemenparekraf/Baparekraf membangun desa wisata di Indonesia.

Menparekraf juga mendorong pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat berpartisipasi aktif dalam ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 yang diharapkan dapat mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Senada Menparekraf, Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi menuturkan, kunci pembangunan desa kreatif harus dimulai dari masyarakat atau penduduk setempat, khususnya anak-anak muda.

“Saya percaya dan saya yakin bahwa kreativitas yang dimiliki anak muda sangatlah luar biasa. Anak muda mampu menghasilkan ide-ide yang cemerlang dan tanpa batas. Karena yang kita perlukan adalah inovasi dan terobosan-terobosan yang out of the box,” katanya.(els)