PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Pelindo III Gelar Vaksinasi Mitra Kerja Pelabuhan Tanjung Perak

 

Para pekerja sektor logistic sedang didata untuk persiapan vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Perak.

Surabaya, pmp – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut menggelar vaksinasi 1000 dosis pertama bagi para pekerja sektor logistik di Pelabuhan Tanjung Perak pada Selasa (6/7/2021)

“Vaksinasi bagi para mitra kerja pelabuhan sangat penting karena aktivitas pelabuhan yang cukup tinggi. Hal itu sebagai bentuk upaya dalam rangka menjamin kelancaran logistik dan pelayanan penumpang kapal,” kata Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto.

Menurutnya, aktivitas pelabuhan cukup berisiko tinggi karena merupakan pintu masuk kapal pengangkut logistik baik antar pulau maupun internasional.

“Kita harapkan adanya percepatan vaksinasi ini bisa melindungi para petugas, para pelayan publik,  para pekerja di pelabuhan. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah yang terus melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat,” kata Edi di Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Selasa (6/7/2021).

Baca Juga :   Vaksinasi Lansia Jatim Masih 26%

Dengan percepatan vaksinasi Covid-19 diharapkan Indonesia mampu melalui pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Vaksinasi yang masif disebut akan membentuk kekebalan kelompok atas virus SARS-COV-2.

Ketua DPW Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Hengky Pratoko mengatakan kegiatan vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Perak akan berdampak pada kepastian pelayanan logistik. Menurutnya para pekerja sektor kepelabuhanan yang mengatur kelancaran logistik perlu mendapat perlindungan dari Covid-19 melalui vaksin.

“Risiko penularan Covid-19 di pelabuhan cukup tinggi, mereka yang bekerja butuh perlindungan melalui vaksinasi, sehingga mereka dapat bekerja dengan tenang untuk mendukung kelancaran pelayanan logistik di Pelabuhan,” tambahnya.

Selain di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, saat ini proses vaksinasi masyarakat dan pekerja pelabuhan terus dilakukan oleh Pelindo III di sejumlah tempat. Beberapa di antaranya adalah Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang dan Pelabuhan Benoa, Bali.

Baca Juga :   Gubernur Khofifah Pantau Penyekatan dari Udara Bersama Pangdam dan Kapolda

“Hal ini sebagai komitmen Pelindo III dalam mendukung rencana pemerintah dalam proses penanggulangan pandemi Covid-19,” pungkas Edy. (hps)