PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Teknologi

Berkurban Secara Digital dengan Jenius

Sinergi Bank BTPN dan BAZNAS menghadirkan aplikasi Jenius guna memudahkan masyarakat berkurban secara digital.(Humas BTPN)

Jakarta, pmp – Jenius, solusi life finance dari Bank BTPN berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa menghadirkan kemudahan berkurban secara digital langsung melalui smartphone.

“Masyarakat melek digital dapat dengan mudah memilih program kurban Idul Adha melalui menu Tagihan (Billers) pada aplikasi Jenius yang menghadirkan layanan finansial yang lengkap dan relevan,” kata Waasi B Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, Jumat (16/7/2021)

Waasi mengatakan, saat ini layanan perbankan digital memainkan peran sangat penting dalam membantu masyarakat menjalani keseharian ataupun bisnis. Maka itu Jenius terus berkokreasi dan berkolaborasi dalam menghadirkan solusi life finance yang relevan dengan kebutuhan masyarakat melek digital (digital savvy).

“Masyarakat digital savvy dapat berkurban dengan tetap di rumah saja tanpa melakukan kontak fisik,” katanya.

Baca Juga :   Emil Imbau Pembatasan Mobilitas Ternak yang Menolak Divaksin

Pimpinan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan, menyebutkan aplikasi Jenius merupakan bentuk sinergi dalam upaya menyukseskan Kurban Online BAZNAS, bertujuan memberi kemudahan berkurban kepada mudhohi pada tahun kedua hari raya Idul Adha di tengah pandemi COVID-19 sekaligus mendukung penerapan PPKM Darurat.

“BAZNAS mengelola layanan kurban dengan amanah, transparan dan akuntabel. Setiap tahun kepercayaan masyarakat selalu meningkat bahkan tahun 2019 jumlah peserta kurban naik 118% dan pada 2020 naik 66%. Semoga kolaborasi ini dapat menjadi solusi untuk pemerataan dan pendistribusian daging kurban yang tepat sasaran,” kata Rizaludin.

Proses berkurban secara digital melalui aplikasi Jenius sangat mudah. Pengguna dapat log in pada aplikasi Jenius, memilih fitur Send It, pilih Bills (Tagihan) – Zakat & Others (Zakat & Lainnya), lalu memilih lembaga kurban (BAZNAS, Rumah Zakat, atau Dompet Dhuafa). Kemudian pengguna memilih jenis kurban, menentukan jumlah (kuantitas) kurban, memasukkan nama partisipan kurban dan pilih Lanjut, memeriksa halaman konfirmasi, lalu memilih Pay Now (Bayar), serta pengguna berhasil berkurban melalui aplikasi Jenius.

Baca Juga :   Emil Imbau Pembatasan Mobilitas Ternak yang Menolak Divaksin

Setelah menyelesaikan pembayaran, pengguna akan mendapatkan bukti transaksi di In & Out serta notifikasi yang mengarahkan untuk melakukan konfirmasi donasi secara mandiri. Setelah pengguna mengirim konfirmasi ke lembaga terkait, pengguna akan mendapatkan laporan donasi yang berisi sertifikat kurban, informasi penyembelihan, nama penerima kurban dan foto dokumentasi.

Berikut langkah-langkah berkurban secara digital dengan memilih lembaga BAZNAS melalui aplikasi Jenius :

Jenius bersama BAZNAS, Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa menyediakan 19 pilihan kurban. Jenius juga menyediakan cara baru berkurban melalui pilihan kurban rendang atau kurban kornet. Jika pengguna memilih cara ini, kambing/sapi kurban akan diolah dan dikemas dalam bentuk rendang atau kornet kalengan dengan rincian : seekor kambing diolah menjadi ± 30 kaleng kornet atau ± 25 kaleng rendang, 1/7 ekor sapi diolah menjadi ± 50 kaleng kornet atau ± 35 kaleng rendang, dan seekor sapi diolah menjadi ± 350 kaleng kornet atau ± 235 kaleng rendang

Baca Juga :   Emil Imbau Pembatasan Mobilitas Ternak yang Menolak Divaksin

Selain kurban rendang dan kurban kornet, Jenius juga menyediakan beragam pilihan kurban lainnya. Mulai dari kurban kambing Raudhah, kambing Al Kautsar, kambing Firdaus, kurban sapi (1/7 ekor atau satu ekor), dan kurban domba untuk muslim di Palestina, sampai kurban kambing atau sapi untuk desa terpencil yang minim penyembelihan hewan kurban.

“Keamanan dan kenyamanan pengguna merupakan prioritas utama Jenius yang terus berinovasi serta mengedukasi digital savvy,” pungkas Waasi B Sumintardja.(hps)