PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Polkam

Khofifah Resmikan Stasiun Pengisian Oksigen Gratis Malang Raya buat Masyarakat Isoman

Khofifah stasiun pengisian oksigen gratis
Secara bertahap stasiun pengisian oksigen gratis akan didirikan di beberapa kabupaten dan kota lainnya di Jatim.(Humas Pemprov Jatim)

Malang, pmp – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan stasiun pengisian oksigen gratis guna memenuhi supply kebutuhan oksigen bagi pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri (Isoman) maupun untuk isolasi terpusat (isoter) untuk wilayah Malang Raya di halaman Bakorwil Malang.

Sebelumnya telah dilaunching stasiun pengisian oksigen gratis bagi warga Surabaya di Kantor Dinas Perhubungan Kota Surabaya, juga bagi warga Sidoarjo di halaman Kantor Samsat Sidoarjo.

Peresmian pada Senin (26/7/2021) ditandai dengan pemutaran regulator oksigen oleh Gubernur Khofifah yang didampingi Wali Kota Malang Sutiaji, Bupati Malang Sanusi, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Dabrem 083 Baladika Jaya, serta Direktur RSSA Malang, dilanjutkan penyerahan tabung secara simbolis kepada masyarakat.

Stasiun pengisian ulang oksigen yang beroperasi 24 jam secara gratis ini dapat dimanfaatkan masyarakat yang melakukan Isoman maupun isoter. Tak hanya itu, ambulans yang membutuhkan isi ulang oksigen juga dapat memperolehnya secara gratis.

Baca Juga :   Sampoerna Academy Ciptakan Lingkungan Belajar Sehat Lewat Kemitraan SGS dan Halodoc

Masyarakat dapat memperoleh oksigen gratis dengan terlebih dahulu mengisi formulir online melalui website infocovid19.jatimprov.go.id. Pada website tersebut, msyarakat diharapkan bisa mencantumkan hasil PCR Test atau Swab Antigen bagi yang belum sempat menjalani PCR namun sudah membutuhkan oksigen.

Setelah mengisi formulir online, masyarakat yang sudah mendapatkan tiket bisa datang ke stasiun pengisian di lokasi dan waktu yang telah ditentukan. Termasuk membawa bukti PCR Test atau swab Antigen serta tabung berukuran 1 m³.

Pemprov Jatim menyediakan Call Center di nomor 1500117 atau menghubungi narahubung untuk wilayah Malang Raya dengan Melyana Dwi di nomor 0852-0485-8072, Rizka Hayuna di nomor 0813-3026- 1333 dan Iradian di nomor 0856-5655-5155.

Baca Juga :   Lion Air Potong Gaji dan Kurangi Karyawan Kontrak, Dampak Badai Corona

Menurut Gubernur Khofifah, stok oksigen saat ini cukup hanya pemenuhan kebutuhan perlu dipercepat sehingga diharapkan masyarakat proaktif.

“Hari ini kita punya stok oksigen masih cukup besar untuk didistribusikan secara gratis kepada masyarakat yang sedang isoman atau isoter. Bagi warga Malang Raya bisa memanfaatkan fasilitas isi ulang oksigen gratis sesuai syarat yang ada dengan membawa tabung kapasitas berukuran 1 m³,” jelasnya.

Khofifah menambahkan, pihaknya masih  bisa menyiapkan tempat  pengisian oksigen secara gratis untuk masyarakat yang sedang melakukan isoman atau isoter di tempat lain. Hal yang perlu menjadi perhatian dan penting adalah keberdaan operator pengisian oksigen karena keberadaan operator harus dikoordinasikan dengan keagenan oksigen di daerah setempat..

“Di tempat lain asal ada operatornya, maka nanti BPBD Provinsi Jatim bisa segera menyiapkan isi ulang oksigen secara gratis lebih banyak bagi masyarakat,” tandasnya.

Baca Juga :   Tiga Bisnis Menguntungkan Masa New Normal Ala Sandiaga Uno

Menurut Khofifah, secara bertahap stasiun pengisian oksigen gratis akan didirikan di beberapa kabupaten dan kota lainnya di Jatim.

“Bagi kabupaten dan kota lain yang sudah mengajukan, kami sedang berkoordinasi dengan tim teknis yang memiliki skill khusus untuk melakukan pengisian secara aman dengan SOP yang terjaga, seperti yang diberlakukan oleh distributor atau agen isi ulang oksigen,” kata Khofifah.

Masyarakat terlihat antusias menggunakan layanan isi ulang oksigen gratis di Bakorwil Malang dan hingga pukul 13.00 WIB warga masih mengantri di dalam tenda dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Warga yang datang diwajibkan memakai masker dan kursi antrian disusun dengan jarak aman.(els)