PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Gojek Bagikan Bantuan Belanja Sembako Rp 25 Miliar buat Ratusan Ribu Mitra Driver

Bantuan belanja sembako mitra driver Gojek
Bantuan belanja sembako yang didapat mitra driver Gojek tidak hanya membantu pihak pengemudi, tetapi turut membantu pihak lain seperti sektor UMKM. (Humas Gojek)

Jakarta, pmp – Gojek kembali menggelontorkan bantuan belanja sembako senilai total Rp 25 miliar buat ratusan ribu mitra driver aktif di seluruh Indonesia, sebagai bentuk dukungan dan solidaritas menjalani masa pandemi. Bantuan diberikan secara cashless atau non-tunai langsung ke akun mitra driver untuk membeli sembako atau kebutuhan lainnya.

“Dampak gelombang pandemi yang kembali naik turut dirasakan oleh mitra driver Gojek. Tergerak oleh rasa solidaritas dan keinginan untuk terus mendukung mitra driver di masa penuh tantangan ini, kami luncurkan lagi bantuan belanja sembako bagi ratusan ribu mitra driver Gojek aktif di seluruh Indonesia,” kata CEO Gojek Kevin Aluwi melalui rilis yang diterima Minggu (8/8/2021).

Menurut Kevin, bantuan merupakan kelanjutan dari rangkaian ‘Program Kesejahteraan Mitra Driver’ yang telah dan terus berjalan untuk membantu mitra-mitra Gojek di masa pandemi.

Ikhtiar Gojek sejalan dengan gerakan #BangkitBersama yang diinisiasi oleh Group GoTo, di mana berbagai layanan dalam ekosistem GoTo hadir membantu masyarakat, termasuk UMKM dan pekerja sektor informal, agar dapat bangkit kembali seusai pandemi COVID-19, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.

Baca Juga :   Telah Dimulai di Bandung, Penyuntikan Relawan Uji Klinis Vaksin COVID-19

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi inisiatif Gojek memberikan dukungan terhadap mitra-mitranya di masa pandemi COVID-19.

“Semangat dan kepedulian untuk saling bahu-membahu yang ditunjukkan oleh Gojek dan mitranya sangat dibutuhkan di masa-masa seperti ini. Terlebih para mitra pengemudi ojol turut berkontribusi menggerakan roda perekonomian di masa sulit ini dengan mengantarkan berbagai kebutuhan seperti makanan, vitamin dan barang-barang lainnya kepada masyarakat yang harus membatasi mobilitasnya,” jelas Menhub Budi.

Menhub berharap, apa yang dilakukan Gojek menginspirasi pelaku industri serta seluruh lapisan masyarakat untuk tergerak merangkul sebanyak mungkin pihak.

“Bantuan belanja sembako yang didapat mitra driver tidak hanya membantu pihak pengemudi, tetapi akan turut membantu pihak lain seperti sektor UMKM dan sektor informal lainnya,” tambah Menhub.

Baca Juga :   Risma Menangis Terima Bantuan APD, Kita Butuh Percepatan Putus COVID-19

Donasi 25% Gaji Manajemen Senior

Sejak awal pandemi di Indonesia, Gojek konsisten membantu mitra driver melalui Program Kesejahteraan Mitra Driver yang berfokus pada tiga hal, yakni penyediaan layanan dan perlengkapan kesehatan, keringanan beban biaya harian dan bantuan pendapatan.

Tiga inisiatif ini telah dilaksanakan melalui Dana Bantuan Mitra senilai Rp 100 miliar yang di antaranya berasal dari donasi 25% gaji tahunan jajaran manajemen senior dan anggaran kenaikan gaji tahunan seluruh karyawan.

Program Kesejahteraan Mitra Driver di masa pandemi COVID-19 telah menjadi komitmen berkelanjutan dengan ditopang berbagai inisiatif, mulai dari penyediaan perlengkapan kesehatan yang mendukung operasional mitra di saat pandemi, jaminan asuransi kesehatan, program bantuan sembako, paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver dan keluarga, serta bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terpapar COVID-19 dan terpaksa harus berhenti bekerja untuk sementara waktu.

Baca Juga :   Warga Jatim Bisa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat GoPay

Gojek juga terus bekerja sama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, untuk dapat meminimalisasi dampak ekonomi yang disebabkan pandemi, misalnya melalui program relaksasi cicilan kendaraan, memastikan agar para mitra driver dapat berpartisipasi dalam skema bantuan pemerintah, hingga kolaborasi dengan pemerintah dan swasta mengakselerasi vaksinasi COVID-19 bagi mitra driver.

Secara reguler Gojek juga telah menjalankan program Swadaya untuk meringankan beban harian mitra driver, di mana mitra driver dapat mengakses berbagai produk dan layanan dengan harga terjangkau yang khusus diberikan untuk Mitra Driver Gojek.

“Sebagai karya anak bangsa, Gojek ingin dapat terus meneladani semangat gotong royong bangsa Indonesia. Sebagai keluarga besar, semangat ini pula yang terus kami jaga bersama dengan mitra driver, terutama di periode penuh tantangan ini. Dengan modal penting itu kami berharap ekosistem Gojek dapat bertahan selama pandemi ini,” pungkas Kevin.(hps)