PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Polkam

PLN Peduli Mulai Salurkan Oksigen Produksi PLTGU Muara Karang ke Berbagai Rumah Sakit

Penyaluran Oksigen oleh PLN UID Jaya menjangkau Rumah Sakit Islam Cempaka. Putih dan RSUD Pasar Minggu.
Penyaluran Oksigen oleh PLN UID Jaya telah menjangkau Rumah Sakit Islam Cempaka Putih dan RSUD Pasar Minggu.(Humas PLN)

Jakarta, pmp – PT PLN (Persero) melalui PLN Peduli mulai menyalurkan oksigen medis hasil produksi Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Karang ke berbagai Rumah Sakit di Jakarta sebanyak 900 m³ per bulan sejak Jumat (13/8/2021).

Penyaluran oksigen merupakan tindak lanjut kunjungan kerja Menteri BUMN Erick Thohir ke fasilitas produksi oksigen PLTGU Muara Karang pada Kamis (12/8/2021), di mana penyaluran oleh PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) telah menjangkau Rumah Sakit Islam Cempaka Putih dan RSUD Pasar Minggu.

Pada tahap awal, setiap rumah sakit secara simbolis menerima 10 tabung oksigen berukuran 1 m³ dan selanjutnya mulai 16 Agustus 2021, PLN akan melayani antar jemput tabung oksigen dari rumah sakit untuk proses isi ulang di PLTGU Muara Karang.

Baca Juga :   Inovator PLN untuk Pertanian Buah Naga Banyuwangi Raih Dharma Karya ESDM

Doddy Pangaribuan, General Manager PLN UID Jaya mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti dengan mendistribusikan 30 m³ oksigen medis bagi dua rumah sakit tersebut.

“Sesuai arahan Menteri BUMN, kami siap bersinergi menghadapi  pandemi COVID-19, di mana salah satu upayanya pendistribusian oksigen dari pembangkit ke rumah sakit rujukan pasien COVID-19,” kata Doddy.

Menurut Doddy, oksigen medis yang diproduksi PLTGU Muara Karang dimasukkan ke dalam tabung-tabung oksigen berukuran 1m³ – 6m³, selanjutnya disalurkan untuk menangani pasien COVID-19 di rumah sakit.

Baca juga : Manfaatkan Gas Buang Pembangkit, PLN Produksi 2 Ton Oksigen per Hari untuk Pasien COVID-19  

Manfaatkan Gas Buang Pembangkit

Dokter Pradono, Direktur Utama RS Islam Cempaka Putih menyampaikan apresiasi saat bertemu Menteri BUMN dan Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini di PLTGU Muara Karang.

Baca Juga :   PLN dan Wisata Tani Betet Raih Penghargaan Platinum Indonesian SDGs Award 2021

“Kita sebulan yang lalu sempat menglami kondisi di mana demand sangat meningkat sementara supply mengalami disrupsi. Oleh karena itu bantuan inovasi dari insan PLN sangat membantu dan sangat kami apresiasi,” kata dr Pradono.

Sementara perwakilan RSUD Pasar Minggu menyatakan salut atas inovasi PLN yang mengolah gas buang pembangkit listriknya untuk menghasilkan oksigen murni yang sangat dibutuhkan pasien COVID-19.

“Ini merupakan hal baru ya. Tadi seperti disampaikan Pak Erick, terobosan baru, kami sangat appreciate. Ternyata kita bisa bahu membahu dalam pandemi untuk Indonesia sehat,” kata drg Yeni Restitusi MPH, Direktur Keuangan dan Umum RSUD Pasar Minggu.

Beberapa pembangkit listrik PLN, termasuk PLTGU Muara Karang, memiliki instalasi hidrogen plant yang berfungsi menghasilkan gas hidrogen sebagai pendingin generator listrik, sementara oksigen yang merupakan produk sampingan proses tersebut hanya dibuang ke udara bebas. Nah, oksigen buangan inilah yang diolah PLN menjadi oksigen medis dan telah mendapat sertifikat Kementerian Kesehatan.

Baca Juga :   PLN Fokus Pembelian Batu Bara Langsung dari Pemilik Tambang

PLN Peduli berkomitmen mendukung pasokan oksigen di rumah sakit yang menangani pasien COVID-19 dari hulu sampai ke hilir, mulai dari proses produksi oksigen, penempatan ke tabung oksigen, sampai antar jemput ke rumah sakit.

Antar jemput oksigen medis akan dilakukan sepanjang tiga bulan untuk selanjutnya dievaluasi. PLN UID Jaya berharap, dukungan PLN Peduli bermanfaat bagi upaya penanganan pandemi di Jakarta.

“Harapannya pandemi segera berakhir dan Indonesia kembali sehat,” pungkas Doddy.(hps)