PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Tren

Makanan Sehat Peluang UMKM Kuliner, Ini Tips Berbisnis Saat Pandemi

Ketua Umum GAPMMI, mengajak pelaku UMKM Kuliner
Adhi S Lukman, Ketua Umum GAPMMI, mengajak pelaku UMKM Kuliner konsisten menjaga mutu produknya.

Jakarta, pmp – Sektor makanan dan minuman masih memiliki prospek di tengah tekanan yang dirasakan para pelaku bisnis di berbagai sektor akibat pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama 1,5 tahun.

“Budaya masyarakat Indonesia yang saat ini senang mengonsumsi makanan dan minuman sehat menjadi peluang yang cukup strategis bagi para pelaku UMKM kuliner di tengah pandemi,” kata Adhi S Lukman, Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI).

Hal itu dipaparkan Adhi saat menjadi pembicara dalam webinar  ‘Menjadi Kompetitif di Bisnis Kuliner’ yang diselenggarkan  Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) bertepatan peringatan Hari UMKM Nasional pada Kamis (12/8/2021).

“Selain itu generasi millenial yang memiliki kebiasaan selalu ingin mencoba produk baru pun menjadi peluang UMKM kuliner untuk terus berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya,” tandas Adhi.

Baca Juga :   Sertifikasi Halal Gratis Bagi UMK, Pemerintah Percepat Pemberlakuannya

Meski pandemi dan bisnis yang makin kompetitif, Adhi mengajak pelaku UMKM Kuliner konsisten menjaga mutu produknya.

“Harus profesional menjaga konsistensi keberlanjutan usaha dan terus berinovasi agar dapat meningkatkan daya saing memenuhi kebutuhan konsumen serta rajin mencari informasi terkait regulasi, inovasi dan kolaborasi,” tambahnya.

Tips Bisnis Saat Pandemi

Webinar yang digelar untuk memperkuat optimisme para pelaku UMKM di sektor kuliner, juga mengundang Betsy Monoarfa, Owner Fiva Food sekaligus Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan UKM GAPMMI, serta dihadiri Ketua Pengurus YDBA Sigit P Kumala, Sekretaris Pengurus YDBA Ida R M Sigalingging, Bendahara Pengurus YDBA Handoko Pranoto, juga para pelaku UMKM Kuliner, baik binaan YDBA maupun umum.

Baca Juga :   Mendag Tegaskan Komitmen Indonesia Bangun Ekonomi Rendah Karbon pada OECD

Sigit P Kumala menyampaikan, banyak langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kondisi pandemi, seperti melakukan inovasi dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan GAPMMI yang diharapkan Sigit dapat membantu UMKM agar tetap eksis dan bertahan di masa pandemi.

Semnetara Betsy Monoarfa yang telah menjalankan bisnis sejak tahun 1983 menyampaikan tips agar bisnis dapat berkembang dan eksis termasuk di masa pandemi.

Beberapa tips adalah memupuk mental wirausaha, tidak mudah putus asa, tidak mudah jenuh, selalu semangat mencapai tujuan, berpikir cerdas dan bekerja tuntas, fokus pada bisnis yang dijalankan, serta inovatif dalam berusaha.

Tips itu menjadi kunci Betsy selama 38 tahun merintis Fiva Food yang kini memiliki lebih dari 100 karyawan.

Baca Juga :   MBiz Siap Dorong Akselerasi Bisnis UMKM 

“Mari maju dan jangan selalu berpikir kecil karena naik kelas dari mikro menjadi menengah sangat bisa, asal UMKM komitmen menjalankan bisnis tersebut,” pesan Betsy.(hps)