PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Teknologi

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G untuk Jakarta Dukung Percepatan Smart City

Gubernur Anies Baswedan (dua dari kiri) ikut meluncurkan layanan 5G komersial Indosat Ooredoo di Jakarta
Gubernur Anies Baswedan (dua dari kiri) ikut meluncurkan layanan 5G komersial Indosat Ooredoo untuk Jakarta.(Humas Indosat Ooredoo)

Jakarta, pmp – Indosat Ooredoo meluncurkan layanan 5G komersial untuk Jakarta yang bakal mendukung revolusi 5G di Indonesia dan mempercepat transformasi digital dan visi Jakarta Kota Pintar, serta akan memberikan akses ke internet broadband seluler yang lebih baik bagi pelanggan dalam mendukung era industri 4.0 dan membantu mempercepat pemulihan ekonomi Jakarta.

Layanan 5G memberdayakan berbagai use case unik yang menawarkan potensi untuk merevolusi industri manufaktur kota, layanan publik, sektor kesehatan dan memenuhi permintaan konten digital dan layanan hiburan yang terus meningkat melalui jaringan seluler.

Peluncuran 5G di Jakarta pada Kamis (26/8/2021) dihadiri President Director and CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dan Dirjen Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Ismail dengan protokol kesehatan ketat.

“Saya dengan rendah hati dan rasa bangga meluncurkan layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta, sekaligus sangat senang dengan potensi transformatifnya di berbagai industry,” kata Ahmad Al-Neama.

Baca Juga :   Indosat Ooredoo 4G Plus Kuat Mudahkan Penyandang Disabilitas Belajar Mengaji

Menurutnya, Indosat Ooredoo percaya bahwa teknologi 5G dan berbagai use cases akan membantu merevolusi cara industri dan bisnis beroperasi, serta cara konsumen mengakses layanan publik dan hiburan.

“Dengan peluncuran ini Indosat Ooredoo mendorong revolusi 5G Indonesia dan menggerakkan bangsa menuju masa depan yang cerah,” tambahnya

Seluruh Kota Siap Manfaatkan

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan bahwa peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo akan sangat membantu masa pemulihan perindustrian Indonesia akibat pandemi. Dukungan teknologi digital yang dibawa 5G, akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses yang dibutuhkan untuk mempercepat produksi barang dan jasa agar segera dinikmati manfaatnya oleh masyarakat.

“Harapan kita bersama untuk membantu Indonesia dari segala sektor agar segera bangkit dan semakin tangguh menghadapi masa depan,” kata Menteri Agus

Sementara Gubernur Anies Baswedan mengatakan, pandemi perlu dihadapi secara kolaboratif dan salah satu hikmah kita semakin mengoptimalkan teknologi agar bisa membantu menjalankan banyak hal dengan lebih baik dan lebih efisien. Dampak positif lainnya adalah tumbuh besarnya kultur digital, khususnya di Jakarta.

Baca Juga :   Mobil Klinik Indosat Ooredoo Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat Terdampak Banjir di Kota Batu

“Kami sangat mengapresiasi peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta karena dapat dimanfaatkan untuk percepatan Smart City, Smart Government dan Smart Society. Kami berharap dengan peluncuran layanan 5G ini membawa manfaat sebesar-besarnya untuk warga Jakarta, dan kami siap berkolaborasi lebih lanjut serta membuat seluruh kota siap memanfaatkannya,” kata Anies.

Jerry Soper, Head Ericsson Indonesia mengatakan pihaknya sangat senang dapat memperkuat kemitraan dengan Indosat Ooredoo melalui penyediaan layanan 5G di Jakarta karena digitalisasi salah satu pendorong utama pemulihan ekonomi pascapandemi dan teknologi 5G akan membantu Indonesia menyongsong masa depan yang lebih baik, mempercepat transformasi digital, serta memenuhi kebutuhan negara akan konektivitas jaringan yang lebih kuat.

“Sebagai pemimpin dalam industri ICT global, Ericsson akan tetap berkomitmen mendukung Indosat Ooredoo dalam menyediakan layanan 5G yang inklusif bagi konsumen dan perusahaan di Indonesia,” kata Jerry.

Baca Juga :   Indosat Ooredoo Siapkan Kapasitas Jaringan Antisipasi Aktivitas Liburan Natal dan Tahun Baru 2022

Layanan 5G Indosat Ooredoo menawarkan kecepatan internet tinggi dan latensi rendah, serta memberdayakan berbagai use cases unik yang mencakup semua industri dan berlaku untuk pelanggan bisnis dan konsumen.

Beberapa use cases paling canggih termasuk mobil terhubung dan layanan hiburan dalam mobil; teknologi pengawasan pintar seperti drone dan CCTV pintar; listrik pintar yang secara otomatis mendeteksi kesalahan di sirkuit rumah tangga; aplikasi kesehatan yang melibatkan pemantauan jarak jauh; dan aplikasi hiburan seperti video HD seluler, video 360 dan virtual reality.

Pada peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta yang menampilkan beberapa use cases tersebut melibatkan mitra-mitra strategis seperti Ericsson, Qualcomm, Indocyber, SONAR, Sari Technology x, Universitas Gunadharma, Bosch dan MPS.

Demi melanjutkan revolusi 5G di Indonesia, Indosat Ooredoo berencana memperluas peluncuran komersial layanan 5G ke kota-kota besar lainnya di Indonesia, termasuk Surabaya dan Makassar, di mana terdapat permintaan konsumen yang tinggi akan layanan data.(hps)