PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

Berdayakan Para Ibu Antar PJB Raih Penghargaan CSR Internasional

Ibu-ibu Desa Kramatinggil didampingi PJB UP Gresik
Ibu-ibu Desa Kramatinggil didampingi PJB UP Gresik berhasil mengolah sampah plastik menjadi barang ekonomis, serta mengajarkan anak-anak peduli lingkungan sejak dini.(Humas PJB)

Surabaya, pmp –  Ikhtiar memberdayakan para ibu rumah tangga telah mengantar PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) meraih penghargaan CSR internasional Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) 2021 melalui program Pijar Berdaya binaan Unit Pembangkitan (UP) Gresik.

Penghargaan AREA 2021 untuk kategori Social Innovation and Women Enterpreneurship merupakan yang kelima bagi PJB setelah empat tahun sebelumnya PJB juga mendapatkan penghargaan yang sama berturut, di mana penganugerahan penghargaan dilakukan secara daring pada Kamis (2/9/2021).

“Keberhasilan PJB meraih penghargaan AREA 2021 adalah bukti bahwa perusahaan memiliki kepedulian tinggi, tak terkecuali dalam kewajiban dan tanggung jawab sosial dan lingkungannya terutama terhadap masyarakat sekitar,” kata Gong Matua Hasibuan, Direktur Utama PT PJB.

Menurut Gong, AREA merupakan salah satu penghargaan CSR bergengsi international dengan penilaian atas perusahaan yang memiliki program CSR yang inovatif.

Baca Juga :   PJB Tingkatkan Kontribusi EBT Melalui Co-Firing PLTU Pulang Pisau

“Penghargaan ini memberi motivasi kepada PT PJB untuk terus melakukan inovasi dalam berbagai program CSR yang berkelanjutan sehingga memberikan dampak yang luas bagi masyarakat, terutama di sekitar wilayah operasi di seluruh Indonesia,” tambahnya.

AREA diselenggarakan oleh lembaga internasional Enterprise Asia untuk memberi apresiasi dan penghargaan bagi perusahaan-perusahaan terbaik dan kompetitif di Asia yang telah menerapkan praktek bisnis yang berkelanjutan dan bertanggungjawab dalam tujuh kategori, antara lain Green Leadership, Investment in People, Health Promotion, Social Empowerment, Corporate Governance, Circular Economy Leadership dan Responsible Business Leadership.

Tahapan seleksi program dan administrasi dilakukan sejak April 2021 dan PT PJB mendapatkan kesempatan presentasi program dan wawancara secara daring kepada juri (audit interview) dari berbagai negara pada 9 Juli 2021.

Baca Juga :   PLN Grup Jatim Ajak Seluruh Pemangku Kepentingan Bersinergi Dukung Program Pemerintah

Tahapan audit interview dilakukan untuk menggali lebih dalam sehingga mendapatkan gambaran yang utuh serta menilai dampak dan signifikansinya bagi perusahaan dan masyarakat atas program yang diajukan.

Setelah melalui seleksi dan penilaian atas kelayakan program, PJB UP Gresik berhasil menjuarai AREA tahun 2021 dalam kategori Social Empowerment.

Program Andalan Pijar Budaya

Program CSR Pijar Berdaya adalah program besar berkelanjutan yang berada di Desa Kramatinggil Gresik dengan penggerak utama ibu-ibu dari setiap RT, di mana bersama PJB UP Gresik mereka berhasil mengolah sampah plastik menjadi barang dengan nilai ekonomis, serta mengajarkan anak-anak mereka peduli lingkungan sejak dini.

Selain itu melalui program ini juga berhasil mengembangkan usaha baru seperti budidaya ikan dan sayur dalam ember serta meningkatkan keterampilan menjahit bagi sebagian masyarakatnya.

Baca Juga :   PLN Nusantara Power Ambil Alih PLTGU Sengkang, Siap Hadirkan Listrik Berkualitas di Indonesia Timur

Program Pijar Budaya terbukti memiliki dampak sosial tinggi karena selain mengubah pola pikir serta kebiasaan sebagian masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, juga memberi manfaat ekonomi bagi ibu-ibu sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Sebagai bagian dari PLN Group, PT PJB akan terus mendarmabaktikan pengabdiannya membangun masyarakat yang lebih sejahtera, lebih makmur, serta tetap menjaga kelestarian lingkungan sesuai dengan visi pemerintah membangun Indonesia Maju,” pungkas Gong.(hps)