PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

PLN Kucurkan Rp 313 Miliar Dukung Penyelenggaraan PON XX Papua

PLN PON XX Papua
Sebagian besar dana dialokasikan membangun infrastruktur kelistrikan di lokasi penyelenggraan PON, yakni Kab Jayapura, Kota Jayapura, Kab Merauke dan Kab Mimika.(Humas PLN)

Jakarta, pmp – PT PLN (Persero) mengucurkan Rp 313 miliar dukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang digelar pada 2-15 Oktober, termasuk menyiagakan 1.574 personel untuk 45 lokasi pertandingan dan 230 lokasi strategis lainnya.

Direktur Manajemen SDM Syofvi F Roekman menjelaskan, sebagian besar dana dialokasikan untuk membangun infrastruktur kelistrikan di lokasi penyelenggraan PON, yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika, serta mendukung pembukaan PON.

“Sejak awal PLN berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan PON di Papua karena merupakan perhelatan nasional. Keberhasilan penyelenggaraan PON adalah keberhasilan bangsa,” kata Syofvie saat mengunjungi Stadion Lukas Enembe di Papua, Selasa (14/9/2021).

Syofvi menjamin keandalan pasokan listrik di seluruh venue dan fasilitas pendukung di mana total daya mampu listrik PLN mencapai 228,2 MW (megawatt), sementara diproyeksikan beban puncak saat penyelenggaraan PON mencapai 153,5 MW sehingga masih ada cadangan daya sekitar 74,7 MW.

Baca Juga :   Laba PLN 2020 Naik 39%, Digitalisasi Pembangkit Percepat Transformasi

Selain suplai pembangkit, lanjut Syofvi, PLN telah melakukan beberapa pembangunan dan perkuatan, antara lain pembangunan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM), Jaringan Tegangan Rendah (JTR), Gardu Hubung, Gardu Distribusi dan yang lainnya.

Guna mengamankan kelistrikan saat berlangsungnya PON XX Papua, PLN juga menyiapkan 129 unit mobile genset kapasitas 100 kW, 200 kW, 500 kW hingga 1000 kW.

Selain itu menyiapkan 55 Unit Gardu Berjalan (UGB), 45 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile, tujuh unit Unit Kabel Bergerak (UKB) dan empat Unit Kabel dan Kubikel Bergerak (UKKB).

PLN menetapkan periode siaga pada 18 September hingga 15 Oktober 2021, di mana menyiagakan 1.574 personel di 45 lokasi pertandingan dan 230 lokasi strategis lain seperti kantor VIP, penginapan, rumah sakit, atau command center.

Ketua Harian Panitia Besar PON (PB PON) Yunus Wonda menyampaikan peran PLN sangat besar untuk memastikan pasokan dan keandalan listrik pelaksanaan PON.

Baca Juga :   PLN Mobile Goes to School, Tingkatkan Pemahaman Ketenagalistrikan dan Layanan Digital

“Sejak lama PLN selaku mendukung pelaksanaan PON di Papua ini, terutama kebutuhan listrik di penginapan dan semua tempat yang mendukung pelaksanaan PON. Kami sangat berterima kasih kepada PLN,” tutur Yunus.(hps)