PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

3.100 Rumah Tangga Miskin di Jatim Menikmati Sambungan Listrik Gratis

Masyarakat miskin sudah bisa menikmati listrik untuk mendukung kegiatan ekonominya.

Ponorogo, pmp  – PLN UID Jawa Timur dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur membantu sambung listrik gratis kepada 3.100 rumah tangga prasejahtera guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat serta meningkatkan capaian rasio elektrifikasi di Jawa Timur

“Hingga Oktober 2021, rasio elektrifikasi Kabupaten Ponorogo ialah 111,03%, sedangkan Jawa Timur secara keseluruhan 106,49%,” kata General Manager PLN UID Jawa Timur, Adi Priyanto mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyalakan sambung listrik gratis di salah satu penerima bantuan, Sufi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Jambon, Ponorogo, Senin (8/11/2021).

Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan rasio elektrifikasi di Jawa Timur, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN menyelenggarakan PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride dengan mengangkat tema “Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku”, sebagai serangkaian peringatan Hari Listrik Nasional ke-76.

Baca Juga :   Kolaborasi BUMN, PLN dan SIG Dorong Penggunaan Energi Bersih

“Ini merupakan kali kedua kami menggelar PLN Mobile VCRR ini. Tahun 2020, PLN bersama masyarakat berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 6,1 miliar yang digunakan untuk melakukan penyambungan lebih dari 8 ribu keluarga pra-sejahtera. Sedangkan hingga saat ini PLN Mobile VCRR telah diikuti 1387 peserta di Jawa Timur dan nominal yang terkumpul sudah mencapai Rp. 1.087.349.960,-” jelas Adi.

Mengapresiasi positif sinergi, Khofifah menyampaikan ucapan terimakasih kepada PLN.

“Terimakasih atas seluruh support yang diberikan PLN, sinergi PLN dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur bersama-sama dalam program serentak elektrifikasi ini untuk 125 desa di 25 kecamatan, 5 kabupaten,target pada bulan Desember agar dapat teraliri listrik seluruhnya. Pada tahun 2022 ada lagi untuk 25 kabupaten/kota,” terang Khofifah.

Baca Juga :   PLN Pasok Smelter Freeport di Gresik Listrik 170 MVA

Senada, Kepala Dinas ESDM Jawa Timur, Nurkholis menyampaikan sebanyak 16.836 rumah tangga miskin di Jawa Timur telah diupayakan peningkatan kesejahteraannya melalui sambung listrik gratis.

Dari pemerintah provinsi tahun ini sebanyak 1400 sambungan, sementara sinergi dengan PLN 3100 sambungan untuk rumah tangga miskin.

Pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Dengan bantuan listrik gratis ini yang bersamaan dengan momentum Hari Listrik Nasional ke-76, PLN dan pemerintah Provinsi Jawa Timur berharap mampu menghadirkan terang kepada seluruh masyarakat khusunya keluarga pra sejahtera di wilayah Jawa Timur,” tambah Adi

Baca Juga :   Gubernur Khofifah dan Wali Kota Eri Berangkatkan Parade Budaya Surabaya Vaganza 2022

Salah satu penerima bantuan, Jari yang berprofesi sebagai petani merasa senang atas bantuan listrik yang diberikan PLN.

“Sebelumnya kami menyalur listrik dari tetangga, alhamdulillah sekarang mendapat bantuan sambung listrik gratis dari PLN dan Bu Gubernur. Terimakasih sekali sekarang bisa untuk kebutuhan listrik,”tutur Jari.

Selain Ponorogo, secara bertahap PLN akan memberikan bantuan sambung listrik gratis kepada masyarakat di Sumenep, Sampang, Pamekasan, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, dan Pacitan dengan total 3100 rumah tangga pra sejahtera.

“Kami berharap sambung listrik gratis dan bantuan yang telah diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan PLN juga dapat bermanfaat bagi warga masyarakat. Semoga dengan adanya listrik kualitas kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dan dapat menggerakkan roda perekonomian,” pungkas Khofifah. (els)