PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Wujudkan Go Green, Pertamina Integrated Terminal Surabaya Ikuti Program ProKlim

Pertamina IT Surabaya menerima penghargaan Apresiasi Pendukung ProKlim Kategori Lestari dan Utama. (Humas Pertamina)

Surabaya, pmp –  Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  memberikan penghargaan ProKlim pada lokasi ProKlim kategori Utama dan Lestari sebagai puncak kegiatan Festival Iklim tahun 2021.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada warga kelurahan Jambangan dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya selaku pembina Proklim yang turut bekerja sama membentuk Kampung ProKlim ini,” kata Senior Supervisor Health Safety Security & Environment (HSSE) Pertamina, Buyung Satria Permana, Jumat (19/11/2021).

Pertamina IT Surabaya meraih penghargaan berupa piagam Apresiasi Pendukung ProKlim Kategori Lestari dan Utama atas kontribusinya dalam mengupayakan pengendalian perubahan iklim di wilayah binaan yang telah diserahkan pada tanggal 19 Oktober 2021 di Arboretum Gedung Manggala Wanabakti Jakarta.

Baca Juga :   Terus Berupaya dalam Pengembangan Program CSR, Pertamina Kembangkan Ekonomi Kreatif di Tuban

“Pelaksanaan program CSR oleh IT Surabaya ini merupakan wujud dari kepedulian perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan yang sejalan dengan komitmen Pertamina  dalam menjalankan upaya-upaya Go Green dalam kegiatan operasionalnya,” katam Senior Supervisor CSR & SMEPP, Rusminto Wahyudi.

Bentuk kegiatan CSR yang dilakukan di wilayah ini berupa program Geblak (Gerakan Balik Kanan) yang berupaya mereposisi arah rumah warga yang semula membelakangi sungai menjadi menghadap ke sungai.

“Program Geblak telah diinisiasi sejak tahun 2019 dan masih berjalan hingga saat ini.  Selain menghadap ke sungai, dilakukan pula penghijauan di wilayah bantaran sungai,” ujarnya.

Penghargaan ini mendapatkan  apresiasi karena dukungan dari warga binaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu RW 03 Kelurahan Jambangan dengan kategori ProKlim Lestari. Kategori ProKlim Utama diperoleh RW 01, RW 02, RW 04 dan RW 05 Kelurahan Jambangan.

Baca Juga :   Pertamina Ajak Generasi Muda Berkolaborasi Sukseskan Transisi Energi di Indonesia

“Kegiatan ini untuk penyerapan karbon dioksida, jadi otomatis bisa mencegah pemanasan global dengan penanaman pohon di bantaran sungai” kata Mujiono, Ketua RT 05, RW 03 Kelurahan Jambangan. (hps)