PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Sehat Cantik Tren

Ini Tips Tetap Sehat di Musim Hujan Nasihat Pakar Kesehatan Masyarakat Unair

Saat musim hujan lazimnya daya tahan tubuh bakal menurun
Saat musim hujan lazimnya daya tahan tubuh bakal menurun ketika suhu udara lebih rendah dibanding suhu normal. (www.greners.co)

Surabaya, pmp – Menjelang pergantian tahun selalui ditandai datangnya musim hujan dan lazimnya daya tahan tubuh bakal menurun ketika suhu udara lebih rendah dibanding suhu normal.

“Sama halnya pada negara-negara dengan empat musim, biasanya daya tahan tubuh menurun ketika musim dingin. Saat musim hujan atau musim dingin datang,  produksi dari sel imunitas akan menurun,” kata Laura Navika Yamani, SSi, MSi, PhD, pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair), Jumat (26/11/2021).

Menurut Laura, saat daya tahan tubuh turun, berbagai penyakit infeksi lebih mudah menembus pertahanan tubuh. Influenza dan diare meupakan penyakit musiman yang paling sering muncul ketika musim hujan.

Baca Juga :   Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair Menang Lomba Video Kemenkes

“Ketika hujan biasanya debit hujan besar sampai menyebabkan banjir dan genangan air. Ini juga bisa menyebabkan sumber-sumber infeksi pada air yang terkontaminasi. Bisa menyebabkan diare dan influenza,” tambahnya.

Menjaga kesehatan di musim hujan, menurut Laura, tak jauh berbeda dengan musim kemarau baik saat pandemi ataupun tidak.

Berikut tips tetap sehat di musim hujan:

Pertama, Laura menyarankan agar masyarakat tetap menerapkan 5M dan protokol kesehatan.

Kedua, bergaya hidup sehat dengan mengatur pola makan, istirahat cukup, serta menjaga pikiran agar tidak mudah stres. “Stres itu tidak hanya memicu penyakit diare atau influenza, tetapi juga penyakit-penyakit apapun. Kalau kita sudah stres itu lebih rentan,” tegasnya.

Baca Juga :   Mengenal Toxic Masculinity, dari Sejarah hingga Dampak Psikologis

Ketiga, pentingnya olahraga dan olah gerak agar tubuh tetap bugar. Cuaca mendung saat musim hujan membuat tubuh terasa malas bergerak, namun harus tetap berolahraga meski di dalam rumah.

Keempat, mengonsumsi vitamin dan suplemen agar tubuh tetap kuat beraktivitas. Suplai vitamin dan makanan sehat dengan menerapkan pola hidup sehat mampu meningkatkan imunitas selama musim hujan.

“Jadi kalau kita tidak mengimbangi dengan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, mengontrol diri agar tidak stres, pola hidup sehat, daya tahan tubuh kita bisa tambah menurun. Nah ini yang harus diwaspadai biar kita tidak rentan,” pungkas Laura.(hps)