PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Amankan Pasokan Listrik Sirkuit Mandalika, PJB Dipercaya Kelola PLTU Sambelia

Penandatanganan kontrak jasa PLTU Sambelia NTB merupakan PLTU ke-20 milik PT PLN (Persero) yang diserahkan kepada PT PJB. (Humas PJB)

Surabaya, pmp – PT PJB kembali dipercaya mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sambelia, Lombok Timur guna memasok listrik di NTB yang akan menggelar perhelatan internasional MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Penandatangan kontrak jasa O&M (Operation and Maintenance) PLTU berkapasitas 2×50 MW yang merupakan PLTU ke-20 milik PT PLN (Persero) yang diserahkan kepada PT PJB, dilaksanakan Direktur Utama PT PJB, Gong Matua Hasibuan dengan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat, Lasiran yang disaksikan  jajaran direksi PT PJB, PT PJBS, serta Senior Manager Pembangkitan UIW NTB, Edyson Rajaguguk di kantor pusat PJB, Surabaya pada Senin (29/11/2021).

“Merupakan sebuah kepercayaan yang luar biasa telah diberikan kepada PJB untuk mengelola PLTU Sambelia ini, kami berkomitmen memberikan yang terbaik untuk mendukung penyediaan listrik yang handal di NTB”, kata Dirut PJB Gong Matua Hasibuan.

Baca Juga :   PJB Resmi Menjadi PLN Nusantara Power, Targetkan Pembangkit Terbesar se-Asia Tenggara

Penandatanganan kontrak jasa O&M Tahap Supporting PLTU Sambelia (2×50 MW) dilaksanakan guna mendukung Program Percepatan Pembangunan Pembangkit Tahap 2 (FTP-2) yang ditetapkan sesuai dengan RUPTL 2019-2028. PLTU Sambelia ini adalah salah satu proyek pembangkit strategis dimana akan dijadwalkan beroperasi secara komersil pada 2022.

Lasiran, General Manager PT PLN UIW NTB menilai PJB memiliki kompetensi mumpuni yang dapat meningkatkan efisiensi unit pembangkit yang dikelolanya.

“Setelah melihat kinerja unit pembangkit di Sumatera yang dikelola PJB (PLTU Tenayan) dapat menjadi lebih baik, kami semakin yakin untuk mempercayakan pengelolaan PLTU Sambelia ini kepada PJB. Kami berharap kawan-kawan PJB bisa memberikan yang terbaik sehingga operasinya bisa bagus, biaya  pemeliharaan rendah, sehingga menjadi andalan kami dalam menerangi negeri”, ungkap Lasiran.

Baca Juga :   Sebanyak 199 Posko Siaga PLN NP Amankan Pasokan Energi Listrik Pemilu 2024

PLTU Sambelia ini akan menjadi salah satu unit pembangkit andalan untuk pasokan listrik di sekitar Pulau Lombok guna menaikkan perekonomian sekitarnya serta mendukung sektor pariwisata, salah satunya memasok listrik ke Sirkuit Mandalika yang dijadwalkan menggelar helatan internasional, Moto GP pada 2022.

“Oleh karena itu, pasokan listrik yang berkualitas menjadi poin penting suksesnya berbagai acara besar di Pulau Lombok,” kata Gong.

Keberadaan PLTU Sambelia ini sangat penting di tengah kelistrikan di NTB yang masih mengandalkan pada bahan bakar minyak. “Hadirnya PLTU ini akan membantu keandalan sistem kelistrikan di NTB dan dapat menurunkan biaya pokok produksi (BPP) listrik di NTB,” pungkas Gong. (hps)