PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Mikro

Berdayakan Ekonomi Pesantren, Gubernur Khofifah Luncurkan Grab OPOP Mart

Gubernur Khofifah meninjau OPOP Mart Ponpes Amanatul Ummah Mojokerto.(Pemprov Jatim)

Mojokerto, PMP – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan Grab OPOP (One Pesantren One Product) Mart Amanatul Ummah sebagai upaya pengembangan pemberdayaan ekonomi berbasis ekonomi pesantren.

“Alhamdulillah kita telah meluncurkan pioneer market place berbasis pesantren pertama di Indonesia,” kata Khofifah meresmikan di Kampus Institut KH Abdul Chalim Pacet, Kabupaten Mojokerto, Senin (11/4/2022) malam.

Apilkasi Grab OPOP Mart merupakan wadah marketplace yang menyediakan produk pesantren secara daring yang diinisiasi kolaborasi pertama antara Grab Id dan Pesantren yang ada di Indonesia.

Dengan tagline ‘1 jam sampai’, para santriwan dan santriwati serta masyarakat dapat memesan barang kebutuhan menggunakan aplikasi Grab OPOP Mart dengan praktis dan cepat.

Baca Juga :   BI Jatim Fasilitasi Percepatan Digitalisasi Sistem Pembayaran di Kabupaten Tuban

“Saya berharap ke depan Grab dapat membantu proses penguatan managerial skill Grab OPOP Mart sampai  menjadi bagian upaya kemandirian pesantren. Belakangan ini program pemberdayaan  ekonomi terhadap pesantren begitu kuat, hal ini juga harus didorong dengan jejaring yang kuat pula,” kata Khofifah.

Menurut Gubenur program ini juga bertujuan memberdayakan Koperasi Pondok Pesantren yang telah menghasilkan produk halal unggulan yang mampu diterima dan diakses pasar lokal dan nasional.

Saat ini, aplikasi Grab OPOP Mart tersebut telah tersedia dan bisa di-download melalui Google Play Store. Pengguna cukup menginstall aplikasi tersebut dan langsung bisa digunakan.

Beberapa produk unggulan yang tersedia di Grab OPOP Mart antara lain perlengkapan kebutuhan sehari-hari, alat tulis, makanan kecil, dan beberapa produk karya santriwan dan santriwati Ponpes Amanatul Ummah Mojokerto yang ditawarkan dengan harga relatif terjangkau.

Baca Juga :   Gubernur Jatim Shalawat Bareng Habib Syech di Stadion Merdeka, Jombang

Khofifah mengingatkan pentingnya proses kurasi yang disertai dengan pemberian sertifikasi halal bagi setiap produk khususnya untuk kategori makanan dan minuman.

“Jejaring bersama dengan Grab mudah-mudahan bisa dibangun, sukses untuk Grab OPOP Mart,” kata Khofifah.

Direktur Pemerintahan Grab Indonesia Uun Ainnurofiq menambahkan Grab OPOP Mart di Ponpes Amanatul Ummah Mojokerto diharapkan dapat semakin kompetitif dalam mendukung lingkungan industri pesantren.

“Contoh yang baik dimulai di bulan yang baik. Semoga bisa menjadi inspirasi. Kami sebelumnya juga audah melakukan diskusi dengan Pondok Pesantren lain yang ternyata banyak peminatnya (Grab OPOP Mart). Program ini insipirasi dari Jawa Timur untuk Indonesia,” kata Uun Ainnurofiq.(els)