PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Mikro

Kelompok Binaan CSR Pertamina Inisiasi Kemandirian dengan Menggelar Bazar Ramadhan

UMKmMyang ikut Bazae Ramadhan ini sudah memiliki legalitas PIRT.

Surabaya, PMP – Kelompok Binaan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Integrated Terminal Surabaya Kelompok Program Pusat Ekonomi Jambangan Hebat (Pejabat) menggelar Bazar Ramadhan di Taman RT 02 RW 01 Kel Jambangan Kec Jambangan Kota Surabaya.

“Kegiatan Bazar Ramadhan ini diinisiasi secara mandiri oleh Kelompok Pejabat untuk meningkatkan pendapatan kelompok melalui terciptanya pasar mandiri,” kata Riris, Ketua Kelompok Pejabat, Sabtu (23/4/2022)

Bazar yang dibuka mulai pukul 15.00 WIB sampai sampai dengan 18.00 WIB ini diikuti lebih kurang 13 UMKM dengan aneka jualan, mulai dari aneka macam es, gorengan, botok, dimsum, ayam geprek, takoyaki, martabak mini, jamu herbal serta fashion.

Riris mengatakan omzet setiap hari rata-rata Rp4 juta hingga 5 juta dengan pengunjung 100 orang. Bazar ramadhan ini pertama kali dilaksanakan setelah dua tahun pandemi tidak ada aktivitas. Keseluruhan UMKM sudah memiliki legalitas PIRT.

Baca Juga :   Pertamina dan Hiswana Migas Salurkan Sembako ke Pekerja Nonformal Terdampak COVID-19

“Terima kasih kepada Pertamina karena sudah membantu Kelompok Pejabat untuk lebih berkembang melalui kegiatan-kegiatan yang diberikan, mulai dari pembinaan hingga pelatihan-pelatihan. Harapan kami, semoga Kelompok Pejabat semakin dikenal,  pendapatan kelompok bertambah dan kedepan dapat lebih mandiri”, terang Riris.

Program Pejabat sendiri sudah memasuki tahun ke-4 menjadi binaan CSR Pertamina. Kelompok program ini terdiri dari ibu-ibu kelompok pelaku UMKM untuk mencari ekonomi tambahan.

Sebagian besar produk yang dihasilkan UMKM Pejabat berasal dari bahan daur ulang , makanan rumahan dan minuman herbal. Kelompok Pejabat memiliki komitmen bersama yang dituangkan dalam sebuah slogan yaitu Si MAMA (Sinergi Makmur Bersama).

Komitmen untuk bersinergi agar tercipta kehidupan yang layak secara bersama-sama dengan seluruh anggota Kelompok Pejabat. Terlaksananya bazar Ramadhan ini merupakan bukti nyata dalam mewujudkan komitmen Sinergi Makmur Bersama.

Baca Juga :   Pertamina Perluas Uji Coba Penerapan Solar Subsidi di Delapan Kota/Kabupaten di Jatim

Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menjelaskan program CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus ini sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs).

Deden mengatakan Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program pemberdayaan terutama untuk masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Melalui program ini, semoga dapat semakin membantu meningkatkan pendapatan masyarakat dan tentunya dalam rangka menciptakan ekonomi mandiri,” kata Deden.(nas)