PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Pemkab Sumenep Gratiskan Kapal Mudik H-9 Hingga H+2 Lebaran

Kapal dari Pelabuhan Kalianget siap mengangkut pemudik secara gratis.

Sumenep, PMP – Pemkab Sumenep menyiapkan program mudik gratis bagi warga kepulauan yang akan dimulai dari H-9 hingga H-2 lebaran.

“Program mudik gratis bagi warga kepulauan itu mestinya mulai H-10 tapi karena tidak ada kapal, jadinya mulai H-9,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Perhubungan (Perkimhub) Sumenep, Moh Jakfar, Sabtu (23/4/2022).

Pihaknya menjelaskan, program mudik gratis itu menjangkau semua kepulauan di Kabupaten Sumenep.

“Warga kepulauan yang berangkat dari pelabuhan Kalianget menuju Masalembu, Kangean, Sapeken, Raas, dan Sapudi, diberikan mudik gratis yang biayanya ditanggung oleh pemerintah daerah,” imbuh Jakfar.

Armada yang disiapkan untuk melayani mudik gratis itu, di antaranya, kapal printis, kapal Dharma Kartika, kapal Satya Kencana, dan DBS III yang saat ini sudah dalam perjalanan dari Bangkalan ke Sumenep.

Baca Juga :   Pertamina Siapkan Layanan Tambahan di Tol Trans Jawa dan Jalur Wisata Selama Mudik Lebaran

“Kalau kapal cepat tidak. Karena kapal cepat itu kelasnya eksekutif. Harga tiketnya mencapai Rp 200 ribu,” tambah mantan kepala Dinas Perikanan Sumenep itu.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, program mudik gratis itu merupakan bagian dari upaya Pemkab Sumenep dalam melayani masyarakat kepulauan.

“Semoga program ini bisa menjawab apa yang selama ini dikhawatirkan oleh masyarakat kepulauan, khususnya berkaitan dengan ketersediaan transportasi laut menjelang lebaran,” ujarnya. (anw)