PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Teknologi

Nestlé Secret Recipe BOT Dukung Digitalisasi UMKM di Aplikasi WahtsApp

Nestle berdayakan UMKM.(Istimewa)

Jakarta, PMP – Nestlé Indonesia melalui Nestlé Ramadan Bersama UMKM menghadirkan Nestlé Secret Recipe BOT guna mendukung pelaku UMKM makanan dan minuman di seluruh Indonesia mengembangkan bisnisnya secara digital selama bulan Ramadan.

“Ini merupakan sebuah platform yang berada di aplikasi WhatsApp dengan memanfaatkan fitur chatbot,” kata  Presiden Direktur Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar dalam keterangannya, Minggu (24/4/2022).

Melalui BOT ini, lanjut Ganesan, pelaku UMKM dapat menemukan berbagai tips mengambil foto produk yang ideal hingga penulisan caption.

Nestlé juga menyediakan template, background, hingga font menarik untuk mendukung kreasi sekaligus melengkapi konten media sosial pelaku UMKM.

“Kami memahami pentingnya peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi negara. Sebagai perusahaan yang telah beroperasi lebih dari 50 tahun di Indonesia, Nestlé senantiasa berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia, termasuk dalam hal mendukung pergerakan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM. Oleh sebab itu, Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Meta untuk membantu para pelaku usaha dalam membuat konten yang menarik dan meningkatkan usaha mereka selama bulan Ramadan,” papar Ganesan Ampalavanar.

Baca Juga :   Enfagrow A+ Ajak Orang Tua Optimalkan Kecerdasan Akademis dan Emosional

Nestlé Secret Recipe BOT ini merupakan hasil kolaborasi Nestlé Indonesia dengan Meta di Indonesia.

“Kami selalu terinspirasi dengan semangat pelaku UMKM untuk terus bertahan dan bertumbuh. Karena itu kami sangat senang dapat mendukung inisiatif dari Nestlé Indonesia untuk membantu digitalisasi UMKM melalui Nestlé Secret Recipe BOT di aplikasi WhatsApp,” kata Country Director, Meta di Indonesia, Pieter Lydian.

Fitur ini dapat digunakan bagi seluruh UMKM di Indonesia. Berikut merupakan langkah-langkah menggunakan Nestlé Secret Recipe BOT:

  1. Pengguna menentukan makanan yang akan dipromosikan dengan menggunakan produk Nestlé, di antaranya MAGGI, CARNATION, KITKAT, NESCAFÉ dan Dark Chocolate dari Nestlé Professional.
  2. Pengguna mengakses BOT melalui https://wa.me/+6281211635611
  3. Pengguna memilih template yang tersedia dalam BOT
  4. Pengguna akan diberikan arahan mengambil foto/video yang baik dan benar
  5. Setelah itu, pengguna cukup mengunggah foto/video yang telah diambil menggunakan template yang telah dipilih. Pengguna juga dapat memilih background dan menambahkan teks di dalamnya.
  6. Pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa konten foto/video siap untuk di-download dan dipublikasikan di media sosial.
Baca Juga :   Kolaborasi Nestlé Indonesia dan IRRI Kurangi Emisi Karbon Produksi Beras

Selain mendapatkan arahan dalam pembuatan konten digital, pelaku UMKM dengan karya promosi terbaik juga mendapat keuntungan yaitu pemanfaatan ads yang didapatkan secara gratis, sehingga konten bisa semakin tersebar secara luas.

Periode penggunaan fitur Nestlé Secret Recipe BOT ini berlangsung mulai tanggal 18 April – 18 Mei 2022. Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui akun media sosial Facebook Sahabat Nestlé.

“Kami merasa sangat bangga bisa melakukan kolaborasi perdana dengan Meta di Indonesia, terutama untuk mendukung UMKM dalam hal pemanfaatan digital dalam bisnis dan usahanya. Harapannya, program ini dapat memperkuat eksistensi produk-produk UMKM serta semakin memperkuat kontribusinya dalam pertumbuhan ekonomi,” tutup Ganesan. (nas)