PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Jalan-jalan Tren

Libur Lebaran, Pilih Destinasi Favoritmu di 39 Taman, Jembatan Suroboyo hingga Pantai Kenjeran

Surabaya, PMP – Selama libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, mulai tanggal 2 – 8 Mei 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka sejumlah objek destinasi wisata mulai 39 taman, Tugu Pahlawan, Kebun Binatang Surabaya (KBS), Alun-alun hingga Jembatan Suroboyo, Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro menegasjan pembukaan taman dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Untuk taman semuanya kita buka, tapi dengan prokes. Kita punya 39 taman aktif semuanya sudah buka, termasuk Taman Bungkul itu 24 jam,” kata Hebi, Senin (2/5/2022).

Selain Taman Bungkul, untuk taman aktif yang lain dibuka mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Setiap pengunjung yang masuk ke area taman juga diwajibkan menggunakan aplikasi Pedulilindungi.

Baca Juga :   BPJS Kesehatan Surabaya Tetap Beri Layanan Selama Libur Lebaran

Hebi menyatakan, selama libur lebaran, pihaknya juga tetap melakukan penjagaan, termasuk dengan perawatan taman. Tak terkecuali pemantauan juga dilakukan oleh Satgas Covid-19 selama libur lebaran.

“Selama libur lebaran aktivitas destinasi wisata dibuka semua, agar konsentrasinya tidak hanya di THP Kenjeran,” kata  Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Dispudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati.

Wiwiek menjelaskan saat libur lebaran pada 2019 atau sebelum pandemi, kunjungan wisatawan lebih banyak mendominasi di THP Kenjeran Surabaya. Saat itu mencapai 21.000 orang.

“Dua tahun off karena pandemi, kemudian dibuka kembali saat tahun baru 2022 tercatat 5.069 pengunjung. Jadi antisipasinya semua wisata dibuka agar merata dan tidak menumpuk di THP Kenjeran,” papanya.

Baca Juga :   Tips Tetap Bisa Makan Enak di Hari Lebaran dan Terjaga Berat Badan

Selain THP Kenjeran, Wiwiek menyebut, rencananya Jembatan Suroboyo juga bakal dibuka saat libur lebaran. Selain sebagai objek destinasi wisata, pembukaan Jembatan Suroboyo dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan tersebut.

“Untuk musem  tanggal 2 dan 3 Mei kita tutup, tapi selebihnya kita buka. Sedangkan alun-alun Surabaya, tetap kita buka selama libur lebaran mulai pukul 09.00-17.00 WIB,” kata Wiwiek.(gdn)