PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Sehat Cantik Tren

Tips Tetap Bisa Makan Enak di Hari Lebaran dan Terjaga Berat Badan

Aneka menu khas lebaran.(Ist)

Surabaya, PMP – Merayakan lebaran tak lepas dari hidangan aneka makanan yang serba lezat, setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan.

Rasa suka cita berkumpul keluarga sambil menyantap hidangan membuat frekuensi makan meningkat dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Terlebih makanan di hari lebaran identik dengan kata ‘kurang sehat’ karena mengandung tinggi lemak, seperti rendang, opor, serta menu lain yang diolah menggunakan santan seperti gulai.

Lailatul Muniroh SKM MKes, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) menjelaskan prinsip makanan sebenarnya tetap sama, yaitu gizi seimbang dengan komposisi dan porsi yang cukup.

“Puasa selama sebulan memicu terjadinya fat loss sehingga dapat menurunkan berat badan yang berlebih. Sementara di hari lebaran tersedia berbagai jenis makanan lezat melimpah. Frekuensi makan juga meningkat seiring dengan frekuensi bertamu dan menerima tamu selama lebaran, sehingga asupan energi dari makanan akan bertambah dan bahkan berlebih. Akibatnya, terjadi peningkatan berat badan,” jelasnya.

Baca Juga :   Gubernur Khofifah Lepas Pelayaran RS Terapung Airlangga ke Kepulauan Madura

Guna berat badan tetap terjaga dan tetp fit, Laili memberikan tips memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi saat hari raya lebaran.

  1. Batasi Makanan Bersantan

Saat memilih makanan, sebaiknya ambil secukupnya makanan yang mengandung santan.

“Secukupnya saja mengkonsumsi makanan bersantan, bila perlu ganti makanan bersantan tersebut dengan menggunakan creamer,” ujar Laili.

  1. Hindari Jeroan

Konsumsi jeroan berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan asam urat dalam tubuh.

  1. Siasati Makanan

Laili pun menyarankan ketika makan sebaiknya memiliki strategi.

“Misalnya jika ingin makan opor ayam, pilih daging ayam bagian dada, dibandingkan kulit atau paha ayam. Ingin membuat rendang, pilih daging yang rendah lemak seperti sirloin/has luar, bagian paha belakang daging sapi. Ketika makan, bisa disiasati menggunakan piring kecil, supaya porsi tidak terlalu banyak,” ujarnya.

Baca Juga :   Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair Menang Lomba Video Kemenkes

Porsi makan pun perlu diperhatikan agar tidak berlebihan dan bergizi seimbang. Begitu pula waktu makannya.

  1. Batasi Konsumsi Makanan Manis

Laili menganjurkan untuk membatasi konsumsi gula, terlebih pada penderita diabetes. “Cukup batasi gula agar tidak berdampak pada kenaikan berat badan,” jelasnya.

Mengenai camilan, pilihlah camilan yang sehat seperti buah-buahan segar. Camilan sehat dapat membantu untuk mengendalikan makan berlebih yang menyebabkan seseorang cepat merasa kenyang.

 

5.Pilih Minuman Sehat

 

Selain makanan, opsi minuman pun perlu diperhatikan. Berbagai aneka pilihan minuman disajikan saat lebaran, mulai dari es teh manis, es sirup, hingga soft drink.

Laili membolehkan untuk mengonsumsi minuman selain air putih, namun tetap harus diimbangi dengan konsumsi air putih itu sendiri.

Baca Juga :   Cegah Infeksi Luka dengan Kulit Pisang Kepok Inovasi Mahasiswa Unair

“Jangan tergiur untuk banyak minum yang tidak sehat, kalaupun ingin minum ambil secukupnya saja dan imbangi dengan konsumsi air putih,” terangnya. (gdn)