PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Polkam

Gubernur Khofifah Terima Kunjungan Menhan Prabowo di Hari Lebaran

Surabaya, PMP  – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan silaturahmi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di hari kedua Hari Raya Idul Fitri 1443 H, di Gedung Negara Grahadi, pada Selasa (3/5/2022) malam.

Kedatangan Menhan Prabowo bersama rombongan disambut Gubernur Khofifah dengan memamerkan berbagai produk unggulan hortikulura khususnya di bidang pangan dari Bumi Majapahit. Mulai dari buah-buahan, aneka sayuran hingga olahan porang yang telah menjadi beras.

“Ini ada banyak produk  pertanian dan hortikultura dan olahannya yang merupakan produk unggulan Jawa Timur yang sengaja dipamerkan dengan penataan semenarik  mungkin agar para tamu yang hadir  tertarik melihatnya ,” ungkap Gubernur Khofifah pada Menhan Prabowo.

Bahkan Gubernur Khofifah juga mengajak Menhan mencicipi Nanas PK-1 yang merupakan produk holtikultura lokal unggulan Jatim besutan IPB yang dikembangkan di Kecamatan Ngancar, Kediri.

Nanas terseut memiliki keunggulan dengan rasanya yang manis, tidak berduri tajam dan bisa dikonsumsi dengan tanpa dikupas. Nanas PK-1 ini bahkan sudah diekspor ke Singapura dan Jepang.

Baca Juga :   Gubernur Khofifah Target Pengungsi Semeru Bisa Tempati Huntara Sebelum Lebaran 2022

“Cara membukanya ini unik. Saya langsung diberi trik oleh para petani nanas di sana saat panen. Cukup dikupas biasa saja, karena durinya tidak  tajam,” katanya.

Menurut Khofifah, rasa dari hasil buah nanas jenis PK1 yang ditanam di Lereng Kelud ini mempunyai kualitas yang luar biasa. Dapat langsung dikonsumsi dikupas diiris tipis-tipis rasanya segar  manis seperti melon.

“Bahkan kalau diiris tipis-tipis akan lebih nikmat rasanya. Ini sangat mudah loh Pak Prabowo memetiknya, cara ngupasnya juga tidak ribet, tidak seperti ngupas nanas pada umumnya. Dan rasanya nanas jenis ini sangat enak, seperti ngupas melon, segar rasanya,” tegas Khofifah sambil mengupas nanas.

Lebih lanjut, pada Menhan Prabowo yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai penanggung jawab proyek Food Estate dan mengurusi Lumbung Pangan Nasional itu, Gubernur Khofifah menegaskan bahwa Jatim memiliki komitmen kuat dalam upayanya mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan.

“Inovasi di semua sektor utamanya pertanian dan perkebunan terus kita lakukan. Kita terus mendukung pengembangan varietas lokal yang unggul agar bisa menghasilkan produk-produk pangan yang berkualitas. Karena kita ingin melakukan upaya yang nyata dalam mewujudkan ketahanan pangan,” jelasnya.

Baca Juga :   Pendaftaran Calon ASN Diperpanjang hingga 26 Juli 2021

Selain Nanas PK-1, Gubernur Khofifah menunjukan hasil olahan porang yang telah menjadi beras. Sebagaimana diketahui, porang kini menjadi komoditas pertanian yang digarap serius baik oleh pemprov maupun pemerintah pusat. Dan Jatim menjadi daerah terbesar penghasil porang nasional.

Produksi porang yang dikembangkan di Madiun Jawa Timur dikatakan Khofifah bahkan bisa mencapai 15-20 ton per hektare dalam kurun waktu 8 bulan dengan nilai Rp 40 juta.

“Porang adalah bagian dari produk lokal yang harus terus dikembangkan bersama, karena potensinya luar biasa. Tak hanya manfaatnya untuk ketahanan pangan tapi juga dari sektor manfaat ekonominya,” jelas Khofifah.

Pada kesempatan yang sama, Khofifah pun menyampaikan kunci penanganan Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi di Jatim yang kini terus bergerak progresif.

Kondisi ini ditegaskan Khofifah adalah bentuk nyata hasil sinergi seluruh bupati/walikota, forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi, masyarakat yang ada di Jatim.

Baca Juga :   RUPSLB 2020 Tetapkan Busrul Iman Jadi Dirut Bank Jatim

Selain itu, yang sampai saat ini terus didorong pertumbuhannya untuk bangkit dari dampak pandemi adalah sektor UMKM. Sejak pandemi menerjang, Pemprov diketahui melakukan berbagai upaya mengungkit ekonomi pelaku UMKM. Dan hasilnya cukup bisa terlihat bahwa kini berkontribusi UMKM di Jatim meningkat hingga 57,81%.

“Alhamdulillah upaya yang kita lakukan di Jatim tidak sekadar membuat UMKM kita survive namun juga naik kelas mengikuti perkembangan zaman. UMKM telah menjadi contoh usaha yang mampu bertahan di tengah pandemi. UMKM mampun menyerap tenaga kerja terbanyak dibandingkan sektor usaha lainnya,” kata Khofifah.

Selain itu, guna meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Pemprov Jatim bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jatim dan BUMD Jatim untuk membagikan zakat produktif bagi pelaku usaha mikro di berbagai daerah di Jatim. Zakat Produktif dalam bentuk uang tunai senilai Rp 500 ribu kepada masing-masing Pelaku Usaha.(gdn)