PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

Penyaluran BBM Selama Libur Lebaran Lancar, Pertamina Apresiasi Konsumen Jatim

Surabaya, PMP – Meskipun musim mudik Lebaran tahun 2022 hampir usai, PT Pertamina Patra Niaga di wilayah Jatimbalinus tetap menyiagakan stok dan penyaluran BBM di seluruh fasiltas seperti Terminal BBM, SPBU dan juga Pertashop sebagai upaya optimalisasi penyaluran energi kepada masyarakat khususnya di Jawa Timur.

Menurut Area Manager Communication  & CSR Patra Niaga Jatimbalinus, Deden Mochamad Idhani, pada musim mudik tahun ini terjadi kenaikan konsumsi BBM jenis gasoline sebesar 11% dan penurunan konsumsi BBM jenis gasoil sebesar 13% dari rata-rata normal harian di bulan Maret 2022.

“Untuk jenis gasoline, angka tersebut sesuai dengan prognosa kami sebelumnya dimana akan terjadi kenaikan sebesar 11% yaitu dari rata-rata di bulan Maret 2022 sebesar 17.500 Kiloliter (KL) menjadi 19.400 KL selama satgas lebaran idul fitri (RAFI) ini. Sementara untuk BBM jenis gasoil terjadi penurunan cukup banyak sebesar 13,5% yang diperkirakan karena berkurangnya aktifitas industri karena libur,” ujar Deden pada Kamis (12/5/2022).

Baca Juga :   Pertamina Patra Niaga Jamin Pasokan dan Ketersediaan Energi Selama G20 Bali

Sementara itu, untuk bahan bakar pesawat udara yaitu avtur juga terjadi kenaikan konsumsi sebanyak 40% dari rata-rata harian normal di bulan Maret 2022. “Untuk avtur, terjadi kenaikan dari 860 KL di bulan Maret menjadi 1.200 KL saat satgas ini,” tambah Deden.

Sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat selama arus balik lebaran 1443 H, Patra Niaga Jatimbalinus kemarin juga telah mengaktifkan layanan tambahan di jalur tol trans Jawa seperti SPBU Kantong, SPBU Modular, Motorist dan layanan kesehatan.

“Kami berterima kasih kepada para pelanggan karena layanan tambahan tersebut telah digunakan secara optimal. Khususnya untuk layanan kesehatan tercatat sejumlah 255 pasien telah menggunakan layanan kesehatan kami di wilayah Jawa Timur dengan jumlah rata-rata 18 pasien per hari ,” ungkap Deden.

Baca Juga :   Pertamina Jamin Stok BBM Darat, Laut dan Udara Aman Selama Arus Balik Mudik Lebaran

Secara keseluruhan, Pertamina Patra Niaga di wilayah Jatimbalinus juga memberikan apresiasi kepada konsumen yang telah memanfaatkan fasilitas dari Pertamina sehingga kebutuhan energi tercukupi dan mudik berjalan lancar.

“Sebagai Sub Holding Pertamina pada sektor Commercial & Trading, Patra Niaga senantiasa memastikan penyaluran energi berupa BBM, LPG, Petrokimia dan produk retail lainnya terpenuhi untuk konsumen. Kami sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan jika membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi kontak Pertamina (Pertamina Contact Center) 135 atau aplikasi MyPertamina,” pungkas Deden.(nas)