PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Polkam

Tips Lolos Kartu Prakerja, Simak Caranya

Cara daftar kartu prakerja.(Antara)

Jakarta, PMP – Lolos untuk mendapatkan Kartu Prakerja tentunya merupakan keinginan banyak orang yang belum bekerja atau mereka yang baru saja di-PHK. Walaupun sudah mencoba berkali-kali, banyak calon peserta yang mengeluhkan tidak kunjung lolos seleksi Kartu Prakerja dari gelombang 1.

Dikutip dari akun Instagram Prakerja, ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat mendaftar Kartu Prakerja. Bisa jadi, poin-poin tersebut yang menjadi penyebab seseorang sulit untuk lolos Kartu Prakerja walaupun sudah berulang kali mendaftar.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar memperbesar peluang untuk lolos Kartu Prakerja gelombang 30:

  1. Memenuhi Persyaratan

Ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi saat mendaftar Kartu Prakerja. Berikut ini syarat-syaratnya:

WNI berusia minimal 18 tahun

Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Tidak menyandang status sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Direksi, Komisaris, Dewan Pengawas pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Baca Juga :   Menko Perekonomian Apresiasi Semangat Juang Alumni Kartu Prakerja

Tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah seperti Bansos Kemensos (DTKS), penerima BSU, BPUM atau penerima Kartu Prakerja Gelombang sebelumnya

Dalam satu Kartu Keluarga (KK) hanya diperbolehkan maksimal dua orang anggota keluarga yang dapat menjadi penerima Kartu Prakerja.

  1. Pastikan Menggunakan Nomor Ponsel dan Email yang Aktif

Tips kedua yaitu pastikan nomor ponsel dan email yang dipakai untuk mendaftar Kartu Prakerja selalu aktif. Kedua hal itu penting karena akan dipakai untuk verifikasi akun dan pemberitahuan jika peserta dinyatakan lolos. Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan email dan nomor ponsel yang aktif saat mendaftar Kartu Prakerja.

  1. Pastikan Data Sesuai dengan Data Dukcapil

Kesesuaian data merupakan hal penting bagi calon peserta agar bisa lolos gelombang Kartu Prakerja. Oleh karena itu, pastikan data yang Anda masukkan saat pendaftaran sesuai dengan data kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil).

Jika data tidak sesuai, maka bisa menghubungi Dukcapil melalui:

Telepon 1500537

WhatsApp atau SMS 08118005373

Email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id

Bisa juga dengan mengunjungi kantor Dukcapil terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

  1. Pastikan Unggah Foto dengan Benar
Baca Juga :   Prakerja Gelombang 30 Resmi Dibuka, Klik www.prakerja.go.id

Mengunggah foto selfie sebaiknya dilakukan menggunakan ponsel secara langsung dan jelas. Pastikan wajah Anda terlihat dengan pencahayaan yang cukup.

Pastikan juga wajah memenuhi 80 persen dari frame foto (close-up). Kemudian pastikan juga area wajah terlihat jelas tanpa menggunakan aksesoris apapun seperti topi, kacamata, masker, dan lainnya.

  1. Unggah Foto KTP Secara Jelas

Pastikan saat mengunggah foto KTP dilakukan secara jelas. Jadi unggah foto KTP yang jelas langsung dari kamera ponsel, bukan dari galeri.

Jika Anda mengakses lewat komputer, segera lanjutkan pendaftaran melalui browser ponsel.

Berikut ini ketentuan yang harus diperhatikan saat mengunggah foto KTP:

E-KTP asli atas nama pendaftar

E-KTP tidak rusak

Foto E-KTP jelas dan tidak buram. Ambil gambar dengan cahaya yang cukup terang

Foto E-KTP tidak terpotong

Foto E-KTP tidak menggunakan flash

Selain itu, pastikan seluruh bagian E-KTP berada dalam bingkai foto dan bukan fotokopi KTP. Pastikan juga format foto E-KTP yang diunggah dalam bentuk JPG/JPEG/PNG dengan ukuran maksimal 2MB.

  1. Mengaktifkan Izin Lokasi
Baca Juga :   Prakerja Gelombang 30 Resmi Dibuka, Klik www.prakerja.go.id

Pada pendaftaran Kartu Prakerja tahun ini, calon peserta diminta untuk mengaktifkan izin lokasi pada dashboard akun Kartu Prakerja.

Setelah mengizinkan lokasi, Anda bisa lanjut ke proses pendaftaran selanjutnya. Adapun cara mengizinkan situs peramban untuk mengetahui lokasi adalah dengan tap tombol “Allow” pada saat notifikasi muncul.

Perlu ditekankan, bahwa agar lolos sebagai peserta Kartu Prakerja, pendaftar juga harus memastikan data-data yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran akun sudah sesuai dengan yang diminta.

Ketelitian saat mengisi data dan mengunggah foto sangatlah diperlukan selama proses pendaftaran Kartu Prakerja. Pastikan juga koneksi internet stabil saat proses pendaftaran Kartu Prakerja.

Faktor keberuntungan atau hoki juga dianggap sangat menentukan lolos atau tidaknya calon peserta Kartu Prakerja.

Perlu diketahui, bahwa sistem seleksi yang digunakan dalam Kartu Prakerja bukanlah siapa yang paling cepat mendaftar, maka ia yang pasti akan lolos. Melainkan dilakukan oleh sistem setelah penutupan gelombang pendaftaran. (els)