PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Aman Berkreasi Cara Faber-Castell Edukasi Masyarakat

Jakarta, PMP – Jelang tahun ajaran baru 2022/2023 ini  ada sesuatu yang berbeda. Semangat, kegembiraan dan sekaligus kecemasan membayangi baik orangtua dan peserta didik setelah dua tahun lebih berjuang menghadapi pandemi.

Pelaksanaan belajar yang tadinya dilakukan secara daring, kini dilakukan secara langsung dalam ruang-ruang kelas.

Anak-anak sekolah yang pada awal pandemi ‘dipaksa’ memindahkan ruang kelas ke depan layar ponsel atau laptop, sebentar lagi akan merasakan kembali serunya berinteraksi secara langsung dengan teman dan guru.

Walaupun sudah ada pelonggaran aturan kesehatan seperti diperbolehkannya melepaskan masker di ruang terbuka, hendaknya sekolah tetap menjalani prokes yang selama ini disarankan.

Disisi lain, tahun ajaran baru biasanya identik dengan penyediaan segala kebutuhan sekolah, termasuk peralatan penunjang pembelajaran seperti alat tulis dan gambar.

“Tidak hanya sekedar alat tulis sesuai fungsi, namun alat tulis dan gambar juga harus memenuhi syarat keamanan bagi pengguna, salah satunya tidak mengandung toxic,” ungkap Public Relations Manager Faber-Castell International Indonesia, Andri Kurniawan.

Baca Juga :   Euphoria Asian Games Inspirasi Peserta Lomba Sport Mania Faber-Castell

Andri menjelaskan, bahwa orang tua harus memilih produk yang aman hal ini dikarenakan saat anak sedang asyik menulis, menggambar atau mewarnai, ada risiko residu yang tersentuh, terhirup, atau bahkan tertelan, tentunya alat tulis atau gambar yang mengandung bahan berbahaya atau toxic, bisa menimbulkan dampak fatal terhadap anak.

“Salah satu cara untuk memastikan bahwa produk-produk itu aman, adalah memperhatikan sertifikasi yang tertera dalam produk tersebut, yakni melalui EN 71 dan CE,” katanya.

Standar keamanan EN71 merupakan standar di negara-negara Eropa yang secara spesifik diberlakukan untuk mainan, termasuk alat mewarnai.

“Produk Faber-Castell yang diproduksi di Indonesia juga diekspor ke Eropa, maka kualitas produk Faber-Castell yang dijual di Indonesia setara dengan yang dipakai oleh anak-anak di Eropa,” kata Andri.

Untuk itu, jelang tahun ajaran baru ini, Faber-Castell meluncurkan #Amanberkreasi, kampanye yang mengajak masyarakat untuk lebih selektif dengan memperhatikan aspek keamanan dari produk-produk tulis dan gambar yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar di tahun ajaran baru mendatang.

Baca Juga :   Merangsang Kreativitas Anak Melalui Family Creative Craft Competition

“Ajakan ini juga mendorong anak-anak untuk berani berkreasi dengan melakukan eksplorasi hal-hal yang baru,” tambah Andri.

Hal ini tentunya didasari dari banyaknya kecemasan orang tua yang muncul dari metode daring selama pandemik, dimana berkurangnya kreativitas anak. Aktivitas seperti menggambar, mewarnai, dan membuat prakarya bisa jadi terasa berbeda saat dilakukan bersama-sama dalam ruang kelas, dibandingkan dengan lewat layar gadget.

“Kini saat sekolah kembali dibuka, orangtua dan anak kembali punya keleluasaan mengasah kreativitas di rumah, untuk dibawa ke ruang kelas nanti,” katanya.

Untuk hal ini, Andri mengajak orang tua untuk memberikan dukungan kepada anak untuk berkreasi, beberapa cara di antaranya dengan menyiapkan ruangan dan alat bagi si anak untuk berkreasi, beri dukungan dengan pujian dan penghargaan atas kreasi yang dibuat si anak, tidak kalah pentingnya bahwa anak juga akan termotivasi jika orang tua dapat meluangkan waktunya dengan terlibat dalam proses pembuatan karya, tentunya akan memberikan kesempatan yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak.

Baca Juga :   Peduli Kualitas Hubungan Orang Tua dan Anak, Faber-Castell Kampanye Art4All

Di tahun ini, Faber-Castell kembali mengadeng kerjasama dengan toko-toko buku dan  toko alat tulis di seluruh Indonesia, dengan memberikan penawaran terbaik, di antaranya dengan potongan diskon, hingga hadiah menarik dimana penawaran ini berlangsung sejak 15 Juni – 31 Juli 2022..

Tidak hanya di toko offline, promo produk-produk Faber-Castell juga tersedia di official store e-commerce Faber-Castell yang ada di Tokopedia, Blibli, Bukalapak dan Shopee.

“Faber-Castell masih menjadi pilihan terbaik untuk alat tulis, hal tersebut sesuai hasil survey yang dilakukan Frontier Consulting dan majalah Marketing, khususnya untuk jenis produk  pensil tulis, pensil warna, pensil mekanik, crayon/oil pastel, cat air, spidol warna, penghapus dan Ballpoint,” kata Andri.(nas)