Mengharukan, Seratusan Anak Membasuh Kaki Ibu di Hari Ibu

Desember 24, 2018

Membasuh Kaki Ibu di Hari Ibu diikuti seratusan anak di Kota Kediri, Jawa Timur. (AntaraJatim)

Kediri, PMP – Mata Andriani sembab. Matanya lekat menatap Jasmin putrinya yang sedang jongkok di depannya sembari membasuh kakinya. Andriani tak sendiri. Belasan ibu lainnya bahkan terisak saat mengikuti kegiatan ‘Membasuh Kaki Ibu’ pada peringatan Hari Ibu 2018 di Kota Kediri Jawa Timur.

Lebih dari 100 anak mengikuti kegiatan ‘Membasuh Kaki Ibu’ yang digelar Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Kediri, di GOR (Gedung Olah Raga) Jayabaya, Sabtu malam (22/12/2018).

“Hari ini peringatan Hari Ibu nasional bahkan internasional. Kami di Kediri juga memperingati Hari Ibu dengan mengajak anak membasuh kaki ibunya. Agar mereka semakin menyanyangi dan menghormati ibunya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar seperti dikutip Antara.

Sementara Andriani mengaku tak bisa menyembunyikan rasa haru sekaligus bahagia saat kakinya dibasuh Jasmin. Dia melihat Sang Putri begitu tulus membasuh telapak kakinya.

“Ini baru pertama kali dan saya terkesan. Apalagi saya sendiri sebagai ibu, justru tidak bisa membasuh kaki ibu saya karena beliau jauh di Nias sana. Jadi saya sangat terharu saat dibasuh kaki oleh putri saya,” kata Andriani sembari mengusap matanya yang sembab dengan tisu.

Andriani mengaku sangat mendukung kegiatan ‘Membasuh Kaki Ibu’ bagi anak-anak. “Memberikan pengertian kepada anak bahwa peran ibu sangat luar biasa. Anak juga bakal paham bahwa di manapun nanti anak berada, mereka tak akan pernah dilupakan oleh Ibu yang telah mengandung mereka selama sembilan bulan,” ujarnya.

Sementara Jasmin justru mengaku sedih saat membasuh kaki ibunya. Ia tersadar bahwa selama ini sering tidak mendengar atau bahkan membantah ibunya.

“Sedih tapi ada rasa senangnya bisa membasuh kaki Mama. Ingatnya suka bantah Mama, suka tidak menurut, sering main telepon. Dibilangin berhenti (bermain seluler) tidak mau. Setelah membasuh kaki Mama, saya berjanji bakal lebih menghargai pengorbanan dan cinta Mama,” kata Jasmin.

Pada kegiatan membasuh ‘Membasuh Kaki Ibu’, turut hadir Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah. “Saya yang juga seorang ibu menganggap kegiatan ini sangat bagus. Harus dibuat rutin dan ke depan dikemas lebih bagus lagi,” harap Lilik.

Lalu apa doa yang dipanjatkan Jasmin setelah membasuh kaki Mamanya?

“Saya berdoa agar Mama selalu sehat, panjang umur, serta selalu sayang sama Jasmin sampai kapan pun. Maafkan Jasmin ya Ma,” ujarnya sembari memeluk dan mencium pipi Andriani yang berada di sampingnya.(bim)