PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Polkam

Sultan HB X Tak Ingin Warga Yogya Takut Cari Nafkah Gara-Gara COVID-19

Sultan HB X
Sri Sultan Hamengku Buwono X di Bangsal Kencana. (Foto: Dokumen Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat)

Yogyakarta, pmp – Sri Sultan Hamengku Buwono X, Raja Keraton Yogya yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tidak menginginkan masyarakat Yogya takut mencari nafkah gara-gara COVID-19.

“Saya tidak mau terlalu berasumsi bahwa Corona sangat membahayakan sehingga pagi, siang, sore dan malam saya harus bicara masalah COVID-19. Sehingga orang kecil takut mencari sesuap nasi,” kata Sri Sultan seusai menerima Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, di Keraton Kilen, Yogyakarta, Jumat (2/10/2020).

Jika rakyat takut mencari nafkah, tentu kondisi itu mengkhawatirkan.

“Saya khawatir masyarakat Yogyakarta nanti berada di jalan dan mengatakan: Bapak Gubernur, kami lapar. Saya tidak mau itu terjadi,” katanya seperti dikutip Antara.

Sultan berharap agar jangan terlalu bombastis terkait Corona sehingga menimbulkan ketakutan berlebihan di msyarakat.

Baca Juga :   Kemenkes Tetapkan Tarif Tertinggi Rapid Test Antigen Rp 275 Ribu

“Kita jangan terlalu bombastis dalam membicarakan masalah Corona yang akhirnya justru memberi stres pada masyarakat. Padahal stres itu risikonya gede menurunkan antibodi,” katanya.

Sejauh ini Pemda DIY tidak melarang warganya untuk bepergian ke luar wilayah, sebaliknya juga tidak menutup diri dari kehadiran para pendatang dengan catatan mereka semua mematuhi protokol kesehatan.

Pemda DIY tegas dalam hal pencatatan data pribadi setiap tamu hotel maupun pengunjung tempar wisata, sehingga memudahkan pelacakan apabila muncul kasus penularan di DIY.

“Kita punya data pribadi orang yang masuk hotel maupun tempat wisata,” katanya.(gdn)